ASPEK YURIDIS PELAYANAN PUBLIK PADA BAGIAN ANTARAN PT. POS INDONESIA TERHADAP KONSUMEN DI WILAYAH KUDUS

Adi Febriyanto
Suparnyo Suparnyo
Subarkah Subarkah

Abstract


Penelitian yang berjudul “Aspek Yuridis Pelayanan Publik Pada Bagian Antaran PT. Pos Indonesia Terhadap Konsumen di Wilayah Kudus”, secara umum ditujukan untuk mengetahui penyelenggaraan pelayanan publik Pos Indonesia di Kabupaten Kudus. Namun dalam pelaksanaannya terjadi pertumbuhan keluhan yang disampaikan oleh pelanggan, dalam jumlah yang signifikan, sehingga perlu ditelaah lebih jauh terkait permasalahan tersebut, sehingga dapat diketahui secara mendalam penyebab timbulnya masalah, dan langkah yang diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis dan bersifat kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dan teknik yang digunakan adalah snowball sampling technique. Melalui wawancara dan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Pos Indonesia memiliki perangkat peraturan perusahaan guna memastikan kualitas standar mutu layanan. Kemudian, dengan analisa terkait penyebab tingginya keluhan pelanggan diketahui bahwa dalam pelaksanaannya di Kantor Pos mengalami kendala-kendala. Kurangnya tenaga pelaksana, kurangnya sosialisasi atas peraturan terkait standar mutu layanan, dan komunikasi yang belum berjalan dengan baik menjadi kendala yang perlu mendapatkan solusi. Manajemen Kantor Pos telah melakukan beberapa langkah untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, dengan mengusulkan penambahan tenaga pelaksana namun belum berhasil. Kemudian, melakukan pengaturan ulang terhadap wilayah antaran, dan melakukan sosialisasi terkait peraturan tentang standar mutu layanan kepada internal maupun kepada pengguna layanan.

Keywords


Aspek Yuridis, Antaran PT. Pos, Konsdumen, Kudus

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Soerjono Soekanto, 1986, “Penelitian hukum Normatif”, Rajawali, Jakarta.

______, 1986, “Pengantar Penelitian Hukum”, UI-Press, Jakarta.

Sri Redjeki Hartono, 2017, “Hukum Ekonomi Indonesia”, Bayumedia Publishing, Malang.

Sugiyono, 2017, “Metode Penelitian Kualitatif”, Alfabeta, Bandung.

Tirupathi R. Chandrupatla, 2009, “Quality and Reliability in Engineering”, Cambridge University Press, Cambridge.

JURNAL

Amir Syamsuadi, “Pelayanan Publik Dan Birokrasi Pemerintahan”, Bahan Ajar Mata Kuliah Pelayanan Sektor Publik Ilmu Pemerintahan Universitas Abdurrab, Pekanbaru, diunduh dari https://www.researchgate.net/profile/Amir_Syamsuadi/publication/318827945_MEMAHAMI_PELAYANAN_PUBLIK_DALAM_BIROKRASI_PEMERINTAHAN/links/59844334aca27237bd571b85/MEMAHAMI-PELAYANAN-PUBLIK-DALAM-BIROKRASI-PEMERINTAHAN.pdf.

Any Ismayawati, “Pengaruh Budaya Hukum Terhadap Pembangunan Hukum di Indonesia”, Pranata Hukum Volume 6 Nomor 1 Januari 2011, Jurusan Syari’ah STAIN Kudus, Kudus.

Diah Nur Fitriana, “Inovasi Pelayanan Publik BUMN (Studi Desktriptif tentang Inovasi Boarding Pass System dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kereta Api PT. KAI di Stasiun Gubeng Surabaya”, Kebijakan dan Manajemen Publik, Volume 2, Nomor 1, Januari 2014, FISIP Universitas Airlangga, Surabaya.

Junidis, “Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Kayan Selatan Kabupaten Malinau”, eJournal Ilmu Pemerintahan, 3 (4), 2015: 1502-1512, FISIP Universitas Mulawarman, Samarinda.

Meliede Morais Pena, et. al., “The Use of Quality Model of Parasuraman, Zeithaml and Berry in Health Services", rev Esc Enferm USP 2013; 47(5):1227-32, Universitas Sao Paulo, Sao Paulo.

Patrick Biernacki dan Dan Waldorf, “Snowball Sampling Problems and Technique of Chain Referral Sampling”, Sociological Methods & Research, Vol. 10 No. 2, November 1981, Sage Publications.




DOI: https://doi.org/10.24176/sk.v20i1.5554

Article Metrics

Abstract views : 151| PDF views : 194

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

 

View My Stats