RELEVANSI MATERI KURSUS CALON PENGANTIN TERHADAP FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERCERAIAN DI KABUPATEN PATI

Ummianna Assyriaah
Dwiyana Achmad Hartanto
Suparnyo Suparnyo

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kursus calon pengantin pada Kantor Urusan Agama di Kabupaten Pati dan relevansi materi kursus calon pengantin terhadap faktor-faktor penyebab perceraian di Kabupaten Pati Metode dalam penulisan ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis, yang artinya penelitian ini dikaji dengan melihat penemuan fakta-fakta di lapangan yang dijadikan dasar oleh penulis sebagai data yang diperoleh dari lapangan sesuai dengan kenyataan yang ada, penulisan ini bersifat deskriptif analitis.

Pelaksanaan kursus calon pengantin di Kantor Urusan Agama Kabupaten Pati belum terlaksana sebagaimana mestinya, yaitu waktu penyelenggaraan kursus 3-4 jam, metode pembelajaran tidak ada pengawasan, dan belum ada narasumber dari psikolog. Pengaruh pelaksanaan kebijakan kursus calon pengantin (suscatin) di KUA Kabupaten Pati telah memberikan pengaruh yang positif dalam upaya membentuk keluarga sejahtera dan menekan angka perceraian di wilayah kerja KUA Kabupaten Pati. Tingkat keberhasilan KUA Kabupaten Pati dalam melakukan program suscatin terhadap pengaruhnya dalam menekan angka perceraian telah berhasil, yang dibuktikan dengan rendahnya persentase pengaduan kehendak cerai di KUA Kabupaten Pati sejak tahun 2014 sampai dengan 2018 mengalami penurunan angka perceraian, yaitu dari 344 kasus perceraian pasangan pengantin menjadi 226 kasus perceraian pasangan pengantin di tahun 2018.

Keywords


Kursus Calon Pengantin, Pra Nikah, Perceraian.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulkadir Muhammad, 2004, Hukum dan Penelitian Hukum, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Departemen Agama RI, 2014, Pedoman Konselor Keluarga Sakinah, Departemen Agama, Jakarta.

Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, 2017, Fondasi Keluarga Sakinah, Subdit Keluarga Sakinah Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Kemenag RI, Jakarta.

K. Wantjik Saleh, 1976, hukum perkawinan Indonesia, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Ronny Hanitijo Soemitro, 1994, ”Metodologi Penelitian Hukum Dan Jurimetri”, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Soemiyati, 1982, Hukum Perkawinan Islam dan Undang-Undang Perkawinan, Penerbit Liberty,Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24176/sk.v20i2.5577

Article Metrics

Abstract views : 16| PDF views : 9

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter