OPTIMALISASI PELAYANAN PUBLIK (KAJIAN LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI TINGKAT KECAMATAN KOTA KUDUS)

Adji Muriawan
Subarkah Subarkah
SULISTYOWATI SULISTYOWATI

Abstract


Layanan publik adalah semua aktivitas layanan yang dilakukan oleh penyedia layanan publik untuk memenuhi kebutuhan penerima layanan dan implementasi ketentuan perundang-undangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan layanan publik di desa terutama layanan administrasi kependudukan yang dilakukan dan menjelaskan kendala dalam pelaksanaan layanan publik di Kelurahan Kecamatan Kota Kudus. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dengan Kelurahan Kajeksan, Kelurahan Workasan, Kelurahan Panjunan; Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kelurahan Kajeksan, Kelurahan Kajeksan Kelurahan. Metode penentuan sampel digunakan dengan purposive sampling, sedangkan hasil pengolahan data disajikan dalam bentuk analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Kota Kudus belum optimal, antara lain karena masih ada kesalahan penulisan dan format yang salah dalam melakukan administrasi kependudukan. Standar layanan di Kecamatan Kota Kudus umumnya baik dan hambatan dalam pelaksanaan pelayanan publik di Desa Kecamatan Kota Kudus termasuk kurangnya pemahaman tentang administrasi kependudukan, kurangnya personil Pegawai Desa, sumber daya manusia yang rendah, kurangnya fasilitas yang memadai dan infrastruktur, karena gangguan peralatan, karena standar layanan publik, terutama standar waktu, standar biaya dan standar yang jelas untuk menyelesaikan layanan publik, serta kompetensi penyedia layanan, tinjauan perlu dilakukan tentang masalah tersebut.

Kata kunci: Optimasi, Layanan Publik, Administrasi Kependudukan


Keywords


Optimasi, Layanan Publik, Administrasi Kependudukan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Rosid, 1996, dalam Osborne, David dan Ted Gaebler, “Mewirausahakan Birokrasi - Mentransformasikan Semangat Wirausaha ke Dalam Sektor Publik ((Reinventing Government - How The Enterpreneurship Spirit in Transforming the public Sector)”. PPM, Jakarta.

Alex S Nitisemito, 1998, “Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia), Ghalia Indonesia, Jakarta.

Amiruddin. 2012. Pengantar Metode Penelitian Hukum. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Bambang Marhijanto, 1999, “Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Masa Kini”, Terbit Terang, Surabaya.

Departemen Pendidikan Nasional, (2008), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.

Gibson James, Ivancevich dan James H Donnely JR, 1999, “Organisasi Perilaku Struktur, Proses”, Bina Aksara Jilid 1, Jakarta.

Hartono, 1994, “Penelitian Hukum di Indonesia pada Akhir Abad ke-20”, 1994, Alumni, Bandung.

Jeremias T. Keban, 1995, ”Indikator Kinerja Pemerintah Daerah”, UGM, Yogyakarta.

Joko Widodo, 2001, ”Good Governance”, Insan Cendekia, Surabaya.

Jujun dan Suriasumantri, 1990, “Filsafat Ilmu”, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

Lembaga Administrasi Negara, 2003, “Penyusunan Standar Pelayanan Publik”, LAN, Jakarta.

Lovelock, Christopher. 2002, “Services Marketing in Asia : Managing People,Technology and Strategy”. New Delhi : Prentice Hall.

Miftah Thoha, 2008, “Ilmu Administrasi Publik Kontemporer”, Jakarta, Kencana Media.

Miner, John B, 1998, “Organizational Behaviour Performance Productivity”, 5th Edition Random House.Inc, New York.

Nystorm dan Starbuck, 1981, “Hand Book of Organization Design”, University Press, Oxford.

Parasuraman, A., Zeithalm, V, dan Berry L,” 1988, SERVQUAL: A Multiple item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Retaliling, New York.

Prijono Tjiptoherijanto, 2004, “Kependudukan Birokrasi dan Reformasi Ekonomi; Pemikiran dan Gagasan Masa Depan Pembangunan”, Rineka Cipta, Jakarta.

Ronny Hanitijo, 1994, “Metode Penelitian Hukum dan Jurimetri”, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Ryaas Rasyid, 2000, “Makna Pemerintahan, Tinjauan Dari Segi Etika dan Kepemimpinan”, Mutiara Sumber Widya, Jakarta.

Sedarmayanti, 2000, “Restrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi untuk Menghadapi Dinamika perubahan Lingkungan”, CV. Mandar Maju, Bandung.

Sedarmayanti, 1994, “Restrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi”, Mandar Maju, Jakarta.

Suparlan, Parsudi, 1994, “Metode Penelitian Kasus”, Yayasan Akatiga, Bandung.

Suyadi Prawirosentono, 1992, “Manajemen S.D.M Kebijakan Kinerja Karyawan”, BPFE, Yogyakarta.

Soetendyo Wignjosoebroto, 2002, ”Hukum, Paradigma, Metode dan Dinamika Masalahnya, Elsam dan Huma, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24176/sk.v21i1.5675

Article Metrics

Abstract views : 1775| PDF views : 2041

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

 

View My Stats