PERLINDUNGAN KONSUMEN DARING DAN TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN MARKETPLACE ATAS DATA PRIVASI KONSUMEN

Josephine Josephine
Sinta Dewi Rosadi
Sudaryat Sudaryat

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan teknologi terus mengalami perkembangan dengan sangat pesat, salah satunya yaitu dalam sistem perdagangan secara elektronik yang selanjutnya disebut e-commerce. Seiring dengan hal tersebut, muncul  kekhawatiran konsumen mengenai data pribadi yang di simpan oleh perusahaan marketplace, sehingga diperlukan perlindugan hukum bagi para konsumen daring. Kajian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi yang tepat bagi pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dalam membuat kebijakan terkait dengan perlindungan data pribadi konsumen daring di Indonesia. Kajian ini dilakukan secara kualitatif melalui studi literatur. Hasil dari kajian ini menghasilkan rekomendasi untuk kebijakan terkait dengan penerapan prinsip strict liability.

 

 

Kata Kunci: Marketplace, Perlindungan data, Privasi, Perlindungan Konsumen, Tanggung Jawab.


Keywords


Marketplace, Perlindungan data, Privasi, Perlindungan Konsumen, Tanggung Jawab.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Edmon Makarim, 2003, “Kompilasi Hukum Telematika: Kajian Aspek Hukum Perlindungan Data dan Hak Pribadi”, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Janus Sidabalok, 2014, “Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia”, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Katawetawaraks, C., et al., “Online Shopper Behavior: Influences of Online Shopping Decision”, Asian Journal of Business Research, Vol. 1 No.2, 2011.

Latumahina, Rosalinda Elsina, “Aspek Hukum Perlindungan Data Pribadi di Dunia Maya”, Jurnal Gema Aktulita, Vol.3, No.2, Desember 2014.

Soerjono Soekanto, 1986, “Pengantar Penelitian Hukum”, UI-Press, Jakarta.

Internet

Kumparan, “4 Juta Data Pengguna Tokopedia disebut Bocor dan Dijual, Benarkah?”, https://kumparan.com/kumparantech/4-juta-data-pengguna-tokopedia-disebut-bocor-dan-dijual-benarkah-1550840254640311574?fbclid=IwAR2KRDqYmjru4QThMKkTVzXAq7rIrxSjSKhHxvZyPQxRl7tEw6L0nDhz7Kw&ref=relmedia, diakses 10 Tanggal Agustus 2019.

Technologue, “13 Juta Data Pengguna Bukalapak Bocor dan Dijual”, https://technologue.id/13-juta-data-pengguna-bukalapak-bocor-dan-dijual/amp/ , diakses 20 Tanggal Februari 2020.

Bukalapak. www.Bukalapak.com, diakses Tanggal 17 Februari 2020.

Tokopedia. www.Tokopedia.com, diakses Tanggal 17 Februari 2020.

Perundang-Undangan

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 42).

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 1829).




DOI: https://doi.org/10.24176/sk.v21i1.5686

Article Metrics

Abstract views : 737| PDF views : 2081

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

 

View My Stats