PENERAPAN LAYANAN RAWAT INAP DI RSUD RAA SOEWONDO PATI BERDASARKAN MAKLUMAT PELAYANAN SESUAI PERMENPAN NO. 138 TAHUN 2017

Prihati Murdayanti
Sukresno Sukresno
Subarkah Subarkah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dengan judul Penerapan Layanan Rawat Inap di RSUD RAA Soewondo Pati Berdasarkan Maklumat Pelayanan Sesuai Permenpan No 138 Tahun 2017. Kualitas pelayanan harus diukur dan dinilai oleh masyarakat hal ini untuk dapat mengetahui apakah pelayanan umum yang diberikan pihak rumah sakit sesuai dengan keinginan atau kebutuhan masyarakat sebagai pengguna layanan kesehatan atau tidak, termasuk dalam hal ini RSUD RAA Soewondo Pati. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan Rawat Inap di RSUD RAA Soewondo Pati Berdasarkan Maklumat Pelayanan Sesuai Permenpan No 138 Tahun 2017.

Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis dan pengambilan datanya dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dengan lokasi penelitian di RSUD RAA Soewondo Pati. Metode penentuan sampel digunakan dengan purposive sampling, sedangkan hasil pengolahan datanya disajikan dalam bentuk deskriptif analisis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa RSUD RAA Soewondo Pati telah melakukan penerapan Maklumat Pelayanan Permenpan No. 138 Tahun 2017 dengan baik hal ini dilihat komunikasi yang terbina antara manajemen dengan pasien terbina cukup baik, sumber daya manusia cukup handal tersedia dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan, manajemen dapat mengimplementasikan dengan baik pelayanan yang ada di maklumat karena adanya Standar Operasioanal Prosedur yang rinci dan sistematis. RSUD RAA Soewondo Pati diharapkan melakukan sosialisasi lebih intensif kepada para pegawai mengenai penerapan Maklumat Pelayanan Permenpan No. 138 Tahun 2017, sehingga pelaksanaan lebih terkoordinir dengan baik.

Kata kunci : Penerapan, Layanan Rawat Inap, RSUD RAA Soewondo Pati, Permenpan No 138 Tahun 2017.


Keywords


Penerapan, Layanan Rawat Inap, RSUD RAA Soewondo Pati, Permenpan No 138 Tahun 2017

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assauri, 2003. “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa”, Cetakan ke Enam, Alfabeta, Bandung.

Cholid Narbuko dan Abu Achmadi, 2001. Metodologi Penelitian, Bumi Aksara, Jakarta.

Dharma A. 2004. “Manajemen Supervisi” PT Raja Grafindo, Jakarta.

Dyah Ochtorina Susanti dan A’an Efendi, 2014. Penelitian Hukum (Legal Research), Sinar Grafika Jakarta.

Erwan Agus dan Dyah Rati, 2012. ”Implementasi Kebijakan Publik :Panduan Praktis Mengkaji Masalah dan Kebijakan Sosial”, CV. Alfabeta, Bandung.

Hadi Sutrisno, 1982. Metodologi Research, Jilid I, Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.

Huffman, Edna K. 1994. “Health Information Management”, Tenth Edition, Physicians Record Company. Berwyn. lllinois.

Kementerian Kesehatan RI., 2012. “Pedoman Teknis Bangunan Rumah Sakit Ruang Rawat Inap.” Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik dan Sarana Kesehatan.

Laksono Trisnantoro, 2005. “Aspek Strategis dalam Manajemen Rumah Sakit”, cetakan pertama, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Lupiyoadi, Rambat, 2012. “Pemasaran Jasa”, Universitas Terbuka, Tanggerang Selatan.

Ratminto, dan Atik Septi Winarsih.. 2006. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Rismalinda, Etika Profesi dan Hukum Kesehatan, 2011, Penerbit Hukum Kesehatan, Jakarta.

Ronny Hanitijo, Soemitro, 1983 “Metodologi Penelitian Hukum”, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Tjiptono dan Chandra, 2005. “Pemasaran Jasa”, Bayu Media Publishing, Yogyakarta.

Tjiptono Fandy, 2008. Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Edisi II, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24176/sk.v21i2.5691

Article Metrics

Abstract views : 168| PDF views : 203

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

 

View My Stats