SISTEM MONITORING LEVEL DAN TETESAN CAIRAN INTRAVENA PADA PASIEN RAWAT INAP MENGGUNAKAN KOMUNIKASI NRF24L01

Septyana Riskitasari
Fahmawati Hamida
Wahyu Aulia Nurwicaksana
Nizar Arizaldi
Supriatna Adhisuwignjo

Abstract


Abstrak

Resiko keterlambatan pergantian cairan intravena serta pemberian cairan intravena yang tidak sesuai dengan peresepan dapat menimbulkan masalah lain pada pasien. Alat ini dirancang dengan tujuan untuk membantu pemberian informasi kepada perawat jika cairan intravena akan habis maupun laju tetesan dengan peresepan dokter. Dengan demikian akan mengurangi resiko akibat permasalahan tersebut serta dan memberikan kemudahan bagi perawat dalam memonitoring pemberian cairan intravena yang tepat bagi pasien.

Metode yang digunakan adalah metode observasi dan rekayasa. Load Cell berfungsi untuk mengukur volume cairan intravena, sedangkan Photodiode berfungsi untuk mengukur laju tetesan cairan intravena. Hasil pembacaan yang telah diolah Arduino akan dikirimkan ke ruang perawat menggunakan NRF24L01. Saat volume mecapai batas minimum penggantian maka buzzer di ruang perawat akan berbunyi, selain itu pada LCD akan ditampilkan volume dan laju tetesan cairan intravena.

Dari hasil pengujian Load Cell saat cairan intravena maksimum ditunjukan tegangan 4,8 volt, sedangkan saat minimum ditunjukkan tegangan 0.5 volt. Sedangkan pengujian Photodiode saat terdapat tetesan ditunjukan logika 1, sedangkan jika tidak ada tetesan ditunjukan logika 0. Semua port arduino dapat berfungsi dengan baik.  Dari pengujian NRF24L01, pengiriman sinyal terjadi saat Load Cell memperoleh data 0.5 volt. Dari hasil pengujian alarm dan lcd dapat berfungsi dengan baik.

 

Kata kunci : arduino, intravena, loadcell, nrf24l01,  photodioda

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 381| PDF views : 233

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.