METODE WEBQUAL 4.0 UNTUK EVALUASI KUALITAS WEBSITE POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA

Agnes Manik
Irma Salamah
Eka Susanti

Abstract


Abstrak

Website merupakan salah satu bentuk media masa yang dipublikasi melalui jaringan internet yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Untuk mengetahui kualitas sebuah Website maka perlu dilakukan pengukuran. Dengan melakukan pengukuran kualitas suatu Website dapat diketahui persepsi pengguna terhadap  Website tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode WebQual yang telah dimodifikasi dengan menambahkan dimensi Website Design dan kepuasan pengguna dengan tiga dimensi utama WebQual 4.0, yaitu  Usability, Information Quality, Service Interaction. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Politeknik Negeri Sriwijaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah perkembangan Website yang lebih baik, didapat bahwa kualitas kegunaan, kualitas informasi dan kualitas desain berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna. Kualitas layanan interaksi berpengaruh negatif terhadap kepuasan penggun website Polsri.

 

Kata kunci: information quality, service interaction and design, usability, website

 


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 3994| PDF views : 1275

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.