IMPLEMENTASI PENGOLAHAN CITRA DENGAN METODE HISTOGRAM OF ORIENTED GRADIENT (HOG) UNTUK PENGATURAN WAKTU PADA TRAFFIC LIGHT BERDASARKAN DETEKSI KEPADATAN KENDARAAN

Yanita Fibriliyanti
Lusi Risky Faradila
Ahmad Taqwa

Abstract


Abstrak

Kepadatan yang terjadi di persimpangan jalan menimbulkan kemacetan yang menyebabkan lalu lintas menjadi terhambat sehinga merugikan pengguna jalan . Trafic light masih belum membantu mampu mengurai kemacetan karena pembagian waktu kurang efisien. Untuk mengurangi kemacetan , durasi Trafic light harus lebih efisien dan sesuai dengan keadaan di setiap jalur persimpangan.

Pada penelitian ini dibuat suatu simulasi sistem pengontrolan waktu pada  Trafic light yang dapat menyesuaikan durasi nyala lampu hijau, kuning dan biru berdasarkan tingkat kepadatan yang terjadi di setiap persimpangan. Perancangan desain kendali ini dengan mengiplementasikan pengolahan citra dengan metode Histogram of Oriented Gradient (HOG) yang dibangun pada Matlab. Output dari simulasi ini berupa prototype Traffic Light yang telah dirancang pada Arduino yang terhubung dengan program yang telah drancang pada Matlab..

Simulasi pengaturan waktu  Trafic light  yang dirancang mendapatkan hasil kinerja sistem yang lebih efisien dibandingkan lampu lalu lintas dengan timer otomatis pada umumnya.

 

Kata kunci : pengolahan citra, deteksi kepadatan, traffic light, HOG, matlab, arduino

 

 


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 524| PDF views : 287

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.