EFEK MODERASI TINGKAT PENDIDIKAN PADA DELONE & MCLEAN INFORMATION SYSTEM SUCCESS MODEL (STUDI KASUS DIGITAL LIBRARY UNIVERSITAS GADJAH MADA (UGM))

Iyon Sukma Wicaksana
Rudy Hartanto
Lukito Edi Nugroho

Abstract


Abstrak

Digital library Universitas Gadjah Mada merupakan layanan yang diberikan kepada mahasiswa untuk mempermudah dalam mengakses informasi/referensi. Terdapat beberapa faktor terkait yang mempengaruhi suksesnya penerapan digital library. Keberadaan faktor-faktor tersebut menjadi penting untuk diketahui sejauh mana kesuksesan penerapan digital library. Dengan demikian diharapkan fasilitas digital library digunakan secara optimum oleh mahasiswa.

Penelitian ini akan melakukan penelitian efek moderasi tingkat pendidikan terhadap penggunaan digital library. Metode yang digunakan menggunakan model DeLone dan McLean yang di modifikasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada seluruh mahasiswa UGM yang pernah menggunakan digital library.

Hasil penelitian menujukkan bahwa hubungan antara kualitas informasi dan kepuasan pengguna di moderasi oleh tingkat pendidikan, Hubungan antara kualitas sistem, kualitas layanan dengan kepuasan pengguna tidak di moderasi oleh tingkat pendidikan. Penggunaan berulang digital library di pengaruhi oleh 3 faktor yaitu kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas layanan.

 

Kata kunci: Digital library,DeLone dan McLean,SEM


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 218| PDF views : 297

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.