PENGEMBANGAN PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEREKONOMIAN UNIT USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KOTA SEMARANG

Cicik Harini
Darsin Darsin
Sri Praptono

Abstract


Abstrak

Pemberdayaan UMKM di tengah arus globalisasi dan tingginya persaingan dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) diharapkan mampu menjadi peluang untuk memanfaatkan kebijakan regional ASEAN, dalam rangka mengembangkan pasar sebagai pelaku pasar bukan sebagai pasarnya. UMKM harus mampu menghadapi berbagai tantangan, seperti meningkatkan inovasi produk dan jasa, pengembangan sumber daya manusia dan teknologi, serta perluasan area pemasaran. Pemasaran merupakan masalah mendasar bagi pengusaha kecil.Aspek penting dari pemasaran ini diteliti dalam konteks usaha kewirausahaan untuk melihat bagaimana teori pemasaran sesuai dengan praktek kewirausahaan. Namun  diera globalisasi dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, diperlukan pengembangan pemasaran kewirausahaan yang mampu menjangkau seluruh konsumen dipenjuru dunia, yaitu melalui internet marketing atau E-Commerce. Penelitian ini berupaya mendapatkan model pengembangan pemasaran kewirausahaan dalam upaya meningkatkan kinerja UMKM di Kota Semarang. Dapat disimpulkan bahwa pemasaran kewirausahaan berpengaruh terhadap e-commerce memiliki koefisien jalur sebesar 0.694 dengan p lebih kecil dari 0.05, dan nilai t-hitung 13.607 lebih besar dari t-tabel 1.98 dan kinerja UMKM dengan memiliki koefisien jalur sebesar 0.680 dengan p lebih kecil dari 0.05, dan nilai t-hitung 6.448 lebih kecil dari t-tabel 1.98. Pengembangan e-commerce terhadap kinerja UMKM memiliki koefisien jalur sebesar 0.680 dengan p lebih kecil dari 0.05, dan nilai t-hitung 6.448 lebih kecil dari t-tabel 1.98 dan Koefisien pengaruh pemasaran kewirausahaan terhadap kinerja UMKM secara tidak langsung melalui variabel pengembangan e-commerce adalah 0.472 lebih besar daripada pengaruh langsungnya (0.224). Disamping itu hubungan tidak langsung antara pemasaran kewirausahaan dan kinerja UMKM melalui pengembangan e-commerce memiliki p-value lebih kecil dari 0.05 dan t-hitung 5.109 lebih besar dari t-tabel 1.98, artinya ada pengaruh yang signifikan.

 

Kata Kunci : Pemasaran Kewirausahaan, E-Commerce, Kinerja


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 519| PDF views : 723

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.