KLASTERING INDUSTRI DI KABUPATEN KUDUS

Pratomo Setiaji
Wiwit Agus Triyanto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini menggunakan metode klastering Fuzzy C Means, yang digunakan untuk klastering industri di Kabupaten Kudus, teori ini merupakan penggunaan dari teori klastering Fuzzy C Means. Klastering industri di kabupaten Kudus dilaksanakan sebagai upaya membantu pemerintah, khususnya  departemen perindustrian perdagangan dan koperasi Kabupaten Kudus dalam melakukan  pembinaan  industri  kecil dan menengah. Klastering industri  merupakan  langkah  awal dalam pembinaan  industri kecil  dan  menengah,  karena  dengan  klastering,  keberadaan industri akan lebih terkelompok berdasarkan jumlah unit usaha, jumlah tenaga kerja, nilai investasi.

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu klastering yang bisa diterapkan untuk melakukan  pengelompokan data  industri di Kabupaten  Kudus, sehingga hasilnya bisa digunakan oleh Dinas Perindustrian perdagangan dan Koperasi dalam melakukan pembinaan industri kecil dan menengah.

Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  pengambangan metode Fuzzy C Means, metode  Fuzzy C means merupakan salah satu metode klastering yang bisa mengolah data yang tidak pasti.

 

Kata kunci: Fuzzy C Means, Industri, Klastering 

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 302| PDF views : 185

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.