SINERGITAS e-CROWDFUNDING DENGAN e-COMMERCE DALAM MEMBANTU PENDANAAN SOSIAL BERBASIS WEB BOOTSTRAP

Moh. Ainol Yaqin
Tijaniyah Tijaniyah

Abstract


Abstrak

Bencana di Indonesia pada tahun terbanyak terjadi di Provinsi Jawa Tengah sebanyak 639 kali, diikuti Jawa Timur dengan 409 kejadian bencana, Jawa Barat 329 kali, Kalimantan Timur 190 kali, dan Aceh 83 kali. Penyelesaian paling utama ada pada dana sosial, pemberian bantuan kepada yang tertimpa musibah atau bencana. Akan tetapi pencarian secara manual dengan berdiri di jalan tol atau tempat umum untuk mendapat dana sumbangan Amal Korban bencana dengan membangun kedermawanan dan kerelawanan masih kurang efektif dan efesien, karena terbatasan ruang dan waktu. Pada penelitian sebelumnya, sudah menerapkan donasi berbasis online, akan tetapi masih dirasa kurang karena masih ketergantungan dengan sistem donasi tersebut. Maka dari itu, penelitian ini akan mensinergitaskan e-Crowdfunding dengan e-Commerce, e-Crowfunding juga dapat dikenal dengan sistem iuran rakyat yang berinteraksi dengan masyarakat untuk menggalang dana. Jadi, di aplikasi ini kita bisa mencari atau menyumbangkan donasi kepada mereka yang lebih membutuhkan secara terkomputerisasi dan terorganisir. Antara e-Commerce, e-Crowfunding akan disinergitaskan untuk memaksimalkan pendanaan sosial.  

 

Kata kunci: Bencana,dana sosial, e-Crowfunding dan e-commerce


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 588| PDF views : 393

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.