UJI EKSPERIMENTAL KINERJA MOBIL LISTRIK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kinerja optimum mobil listrik yang diperoleh dari pengoperasian yang sesuai standar berkendara. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat membuat mobil listrik yang dapat diikutsertakan dalam kompetisi mobil listrik nasional.
Metode penelitian yang dilaksanakan adalah dengan tahap perancangan desain, tahap perakitan komponen, tahap pencetakan bodi, tahap pengujian mobil, dan tahap analisis data. Penelitian mobil listrik dilakukan di dalam laboratorium dan dilakukan di jalan perkotaan di wilayah Kota Magelang, Jawa Tengah. Dalam pengujian di dalam laboratorium, dilakukan pada 3 (tiga) variabel tekanan pedal 100%, 75%, dan 50%.
Dari penelitian ini, diperoleh kecepatan optimum untuk 3 (tiga) posisi tekanan pedal adalah 35,61 km/jam dan efisiensi tegangan baterai yang digunakan sampai dengan 0,98%. (10 pt, italic)
Kata kunci: energi, bahan bakar, mobil listrik
Teks Lengkap:
PDFArticle Metrics


Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.