ANALISA METODE SWOT DAN PERENCANAAN STRATEGI GUNA MENENTUKAN STRATEGI BISNIS PERUSAHAAN PANEL LISTRIK PADA PT. LAKSANA PANEL

Hana Mareta Rachmawati
Ahmad Juang Pratama

Abstract


Abstrak

Para pelaku perusahaan harus memiliki strategi yang efektif dan efisien dalam menjalankan perusahaannya. Salah satu industri penghasil barang kebutuhan manusia yaitu industri panel listrik. Industri panel listrik merupakan salah satu sektor industri yang terus dibutuhkan. Kebutuhan akan produk dari industri panel listrik terus meningkat karena sektor industri ini memberikan keamaan pada instalasi listrik di sektor industri besar maupun kecil. Tujuan utama perencanaan strategi adalah agar perusahaan dapat melihat secara obyektif dari kondisi-kondisi internal dan eksternal untuk memperoleh keunggulan dalam persaingan dan memiliki produk sesuai dengan keinginan konsumen. Strategi bisnis pada PT. Laksana Panel masih menjadi kendala besar pada proses penjualaan panel listrik sehingga membuat produksi panel menjadi terhambat. Kekurangan modal pun menjadi hambatan PT. Laksana Panel untuk mempromosikan produknya ke pasar penjualan yang lebih besar. Oleh karena itu perlu di lakukan Analisa SWOT dan Perencanaan Strategi untuk membantu PT. Laksana Panel mencapai strategi bisnis yang di inginkan. Dari penilitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Prioritas strategi yang di butuhkan dalam pencapaian oleh PT. Laksana Panel yaitu di pilih Strategi Penetrasi pasar. Untuk melakukan strategi Penetrasi Pasar diantaranya yaitu: Mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar untuk produk-produk terkini iklan, promosi, harga yang kompetitif dan Mempertahankan dominasi pertumbuhan pasar.

 

Kata Kunci: Metode SWOT, Penetrasi Pasar, Perencanaan Strategi, Strategi Bisnis 

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 1176| PDF views : 441

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.