IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA PERMAINAN MENCARI JEJAK PRAMUKA BERBASIS ANDROID

Wido Hidayatullah
Handri Santoso

Abstract


 

Abstrak

Seiring perkembangan  teknologi smartphone, berbagai fasilitas dan dukungan hardware yang lebih modern menciptakan kinerja smartphone yang lebih kompleks. Baru-baru ini dikembangkan sebuah teknologi di dalam smartphone yang bernama Augmented Reality . Augmented Reality(AR) itu sendiri  adalah sebuah teknologi yang mengintegrasikan informasi digital dengan lingkungan pengguna secara real time. Penelitian dikembangkan dengan metode penelitaian pengembangan yang akan menggunakan teknologi AR kedalam permainan mencari jejak pramuka di SMA Swasta Qothrotul Falah, Aplikasi ini berjalan di smartphone Android, dimana aplikasi ini memerlukan login ke database server yang terkoneksi dengan internet. Kemudian aplikasi  ini juga terdapat map yang menggunakan GPS dan Gyroscope untuk mendeteksi gerakan pemain, lokasi pemain, dan pos. Aplikasi ini juga memerlukan kamera sebagai sumber masukkan, lalu aplikasi akan mendeteksi marker(penanda) yang berisi video pertanyaan.  Setelah marker yang berisi pertanyaan ditemukan, pemain harus menyerahkan hasil jawaban kepada pembina yang berjaga untuk diberikan penilaian langsung yang terdapat di aplikasi itu. Diakhir acara pembina yang bertugas dapat melihat hasil nilai para pemain lewat website. Aplikasi  diharapkan dapat memberikan pengalaman modern kepada peserta pramuka dalam bermain dan meningkatkan kemampuan motorik pemain .

 

Kata kunci: android, augmented reality, login, gps, video


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 370| PDF views : 241

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.