PEMANFAATAN GLOBAL POSITIONING SYSTEM TRACKER DAN KAMERA SEBAGAI ALAT BANTU PEMANTAU BUS

Joni Maulindar
Rudi Susanto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang suatu aplikasi yang dapat memantau posisi bus saat sedang berjalan pada jalur yang telah ditentukan yaitu area Yogyakarta-Solo. Aplikasi yang digunakan dapat memantau posisi bus dengan koordinat tertentu sehingga pengguna/ pengemudi bus dapat mengatur kecepatan bus serta jarak antar bus. Penelitian ini menggunakan metode prototyping.

Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data yang dibutuhkan untuk merancang suatu aplikasi yang dapat digunakan  untuk memantau posisi bus lain sekaligus memantau kondisi didalam bus. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perusahaan Otobus “Suharno” dengan trayek Yogyakarta-Solo. Perancangan aplikasi ini merupakan pengembangan dari cara lama dalam pemberian informasi antar bus. Pengendara bus dalam menjaga kecepatannya biasanya sangat tergantung pada informasi yang diberikan oleh informan yang ditempatkan dibeberapa sudut tertentu. Informasi meliputi waktu kedatangan bus ke tempat tersebut, waktu pemberangkatan dari tempat tersebut, banyaknya jumlah penumpang yang ada pada bus sebelumnya. Informasi tersebut sangat dibutuhkan oleh pengemudi bus agar dapat mengatur kecepatan dari bus yang dikendarai. Validasi informasi tersebut kurang maksimal karena tidak ada pengawasan lagi pada bus setelah bus berjalan.

Dalam penelitian ini, aplikasi yang dirancang dapat menampilkan posisi koordinat bus lain yang sedang berjalan, keadaan didalam bus lain karena rancangan aplikasi ini dilengkapi dengan kamera pemantau.

 

Kata kunci: Bus, Informasi, Prototyping. 


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 457| PDF views : 403

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.