E-MARKETING PRODUK DAUR ULANG SAMPAH BERBASIS WEB DAN ANDROID

Honainah Honainah

Abstract


Abstrak

Sampah menjadi masalah besar yang seringkali terabaikan dan tidak terlalu mendapatkan perhatian oleh masyarakat umum. Padahal masalah sampah bukan saja urusan pemerintah kota, tapi juga setiap lapisan masyarakat yang ada di dalamnya. Belakangan ini beberapa elemen masyarakat sudah menyadari bahwa sampah bisa menjadi emas, yaitu melalui daur ulang sampah yang dan hasilnya dipasarkan dengan cara menitipkan di beberapa toko sovenir dan tempat lain yang memungkinkan untuk dijual. Hal tersebut dirasa kurang efektif karena membutuhkan waktu yang lama menunggu calon pembeli yang harus datang secara langsung, belum lagi harus bagi hasil dengan pemilik toko dan terkadang barang hasil kerajinan tersebut rusak dalam perjalanan atau ketika dipilah-pilah di toko tersebut. Oleh sebab itu dibutuhkan sistem baru yang dapat menanggulangi masalah pemasaran daur ulang sampah dengan efisien. Karena dalam sistem ini masing- masing pengrajin dapat memasarkan hasil kerajinannya dengan cara mengupload sendiri gambar hasil kerajinan ke internet  melalui web dan aplikasi android. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan tutorial cara mengolah sampah. Metode yang diguanakan untuk untuk membangun aplikasi ini adalah waterfall, yang memiliki beberapa tahapan yaitu analisis, desain, implementasi, testing dan maintenance. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan apikasi ini mampu mengatasi masalah pemasaran daur ulang sampah dan menjadi media informasi terhadap calon pembeli atau konsumen serta menjadi media berkreasi bagi pengrajin itu sendiri, hal ini juga dapat membantu mengatasi masalah penanggulan sampah yang selama ini kurang begitu diperhatikan.

 

Kata kunci: E-Marketing, daur ulang sampah, android 

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 683| PDF views : 343

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.