TEKNOLOGI INFORMASI E-COMMERCE UNTUK BATIK BAKARAN DALAM MEMBANGUN PASAR GLOBAL BERBASIS RESOURCE BASE VIEW (RBV)
Abstract
Abstrak
Teknologi informasi dewasa ini berkembang dengan sangat cepat. Beragam aplikasi dapat dihasilkan dalam rangka memenuhi kebutuhan pengguna, sebut saja hadirnya teknologi informasi untuk perdagangan atau dikenal dengan e-commerce yang memberikan kemudahan pengguna dalam transaksi secara elektronik. Kemudahan yang ditawarkan selain kebutuhan produk yang selalu baru, juga dapat diakses secara luas, e-commerce memberikan kemudahan pengguna untuk dapat melakukan transaksi dengan cepat sama mudahnya dengan transaksi tradisional. Kelebihan yang lain dengan e-commerce adalah dukungan berbagai perangkat lunak yang mudah dalam memperoleh informasi produk, khususnya terkait produk unggulan yang di miliki oleh setiap daerah. Kabupaten Pati memiliki ragam produk yang khas (unggul), salah satunya batik Bakaran dari Juwana. Industri batik bakaran di Juwana masih mengalami kendala di dalam menangani penjualan dan pemasaran secara global. Tidak hanya penjualan dan pemasaran, berbagai persoalan menejemen usaha belum dilaksanakan dengan baik dalam rangka menunjang kegiatan usaha. Metode penelitian ini digunakan pendekatan rapid application development (RAD). Hasil penelitian ini adalah mengembangkan UKM batik Bakaran di Juwana dengan memanfaatkan teknologi informasi e-commerce sebagai ujung tombak pemasaran yang berorientasi pasar global melalui pendekatan resource base view (RBV). Resource base view (RBV) dipilih sebagai teknik pemasaran yang memiliki keunggulan kompetitif untuk membantu meningkatkan daya saing UKM, khususnya untuk klaster batik bakaran Juwana-Pati.
Kata kunci: batik bakaran, RBV, e-commerce
Teks Lengkap:
PDFArticle Metrics


Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.