BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK PREDIKSI CUSTOMER CHURN TELEKOMUNIKASI

Muhammad Arifin

Abstract


Abstrak
Customer atau pelanggan merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu
perusahaan barang maupun jasa. Dengan ditinggalkan pelanggan sebuah perusahaan akan
untuk memperoleh pelanggan baru
mengalami kerugian yang sangat besar bahkan
memerlukan biaya hingga 10 kali lipat lebih mahal dari biaya untuk mempertahankan
pelanggan yang ada
. Perusahaan telekomunikasi secara rutin menghasilkan dan
menyimpan sejumlah besar data berkualitas tinggi, memiliki basis pelanggan yang
sangat besar, dan beroperasi dalam lingkungan yang cepat berubah dan sangat
kompetitif serta rentan terhadap customer churn (pelanggan yang meninggalkan
perusahaan). Prediksi cusromer churn muncul sebagai Bussiness Intelligence (BI)
yang sangat penting untuk telekomunikasi modern. Penelitian ini melakukan studi
lieratur untuk mendapatkan informasi tentang permasalahan yang ada selanjutnya
ekperimen untuk memprediksi cusromer churn dalam bidang Telekomunikasi dengan
menerapkan algoritma prediksi, menganalisa hasil dan mendokumentasikannya. Dari
hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa dengan menerapkan BI
pada prediksi customer churn yang menggunakan algoritma KNN menghasilkan tigkat
akurasi sebesar 88% pada nilai K 5 keatas. Dengan hasil tersebut diharapkan dapat
membantu pihak pengambil keputusan dalam menemukan customer yang memiliki
indikasi untuk churn.


Kata kunci:businnes intelligence, prediksi, customer churn

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 586| PDF views : 1911

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.