PENENTUAN KARAKTERISTIK PENGGUNA SEBAGAI PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MEMILIH SMARTPHONE MENGGUNAKAN FORWARD CHAINING

Ian Gatra Sandika
Adhistya Erna Permanasari
Sujoko Sumaryono

Abstract


Abstrak
Saat ini smartphone sudah menjadi kebutuhan primer bagi semua kalangan masyarakat kelas
atas maupun kalangan bawah. Seiring kebutuhan tersebut banyak vendor-vendor smartphone
yang menawarkan harga, fitur, operating sistem dan teknologi yang berbeda-beda. Akan
tetapi, keinginan dan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat sering tidak sesuai
dengan smartphone yang diinginkan dan yang dibutuhkan. Hal tersebut menyebabkan
pengguna smartphone tidak dapat menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhannya
karena seringnya pemilihan smartphone didasarkan pada gengsi dan perilaku konsumtif
masyarakat.
Penelitian ini dilakukan untuk memberikan saran kepada masyarakat agar dapat memilih
smartphone yang sesuai dengan karakteristik masing-masing pengguna (kebutuhan pengguna).
Karakteristik pengguna didapatkan dari pengolahan 16 pertanyaan yang diajukan oleh
sistem. Metode yang digunakan dalam mengolah 16 pertanyaan tersebut adalah forward
chaining. Forward chaining digunakan karena dalam sistem ini memberikan beberapa
pertanyaan yang akan diolah menjadi suatu kesimpulan.
Pertanyaan-pertanyaan tersebut diolah menggunakan software Swi prolog berdasarkan
production rules untuk mendapatkan keluaran berupa saran kepada pengguna. Pengolahan
tersebut didasarkan pada jawaban Y(Yes) dan N(No) serta tambahan range harga yang
dimasukkan oleh pengguna. Hasil saran yang dikeluarkan sistem berupa karakteristik
pengguna, harga dan jenis smartphone. Smartphone yang disarankan untuk pengguna
didasarkan pada karakteristik yang telah ditentukan sistem, yaitu Adventures, Entertainer,
Elegan dan Sosial media addict.

Kata kunci
:smartphone, karakteristik pengguna, forward chaining

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 459| PDF views : 720

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.