PENGEMBANGAN DESAIN DAN MANUFAKTUR MAINAN MEKANIKAL EDUAKTIF UNTUK MENDUKUNG KEMAJUAN INDUSTRU KREATIF

Dwi Basuki Wibowo
- Samuel
Bambang Singgih Hardjono

Abstract


Abstrak
Mainan sebagai peraga edukasi Mekanika Fisika telah banyak dilakukan di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi (PT) di dunia, sementara sebagai peraga untuk menjelaskan
berbagai macam gerak dan mekanisme yang menimbulkannya belum banyak dilakukan (Kinematika). Mainan mekanikal edukatif adalah mainan yang bisa bergerak yang mampu
menghasilkan gerakan mirip seperti aktifitas tertentu orang, hewan, atau mesin. Sumber penggerak mainan mekanikal yang hanya satu dan berbentuk rotasi, tidak seperti robot
dimana semua sendi diberi motor listrik yang bisa dikendalikan, menunjukkan bahwa mekanisme kinematika yang digunakan bisa sederhana hingga sangat kompleks bergantung
pada banyaknya bagian mainan yang harus digerakkan. Paper ini membahas pengembangan desain dan manufaktur mainan mekanikal edukatif sebagai peraga edukasi yang terbukti sulit
dilakukan secara manual, seperti selama ini dilakukan di TDC (Toys Design Center). Dengan menggunakan perancangan berbasis software CAD (Computer Aided Design) reproduksi dan
modifikasi produk mudah dilakukan. Gerak produk juga bisa disimulasikan tanpa harus membuat dan merakit seluruh komponennya terlebih dahulu, seperti pada proses perancangan
manual.

Kata Kunci : mainan mekanikal, mekanisme kinematika, peraga edukatif, Toys Design Center, CAD

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 201| PDF views : 243

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.