OPTIMASI EFISIENSI MOTOR BAKAR SISTEM INJEKSI MENGGUNAKAN METODE SIMULASI ARTIFICIAL NEURAL NETWORK

Paridawati -

Abstract


Abstrak
Saat ini mesin kendaraan bermotor mempunyai engine map yang dapat diubah-ubah mappingnya sesuai keinginan pemilik. Salah satu cara untuk mendapatkan map terbaik tentu
saja diperlukan cara khusus agar tidak melakukan kesalahan dalam melakukan perubahan tersebut. Artificial neural Network (ANN), saat ini sangat memegang peranan penting dalam
melakukan optimasi terhadap efisiensi kinerja mesin, khususnya penurunan konsumsi bahan bakar. Penelitian ini, dilakukan dengan tujuan untuk melakukan simulasi untuk
mendapatkan kinerja mesin yang efisien. pertama-tama akan dilakukan pengambilan sejumlah data menggunakan scanner pada engine control unit (ECU) untuk mengetahui engine map
saat ini (existing). Selanjutnya adalah melakukan optimasi menggunakan pemodelan menggunakan Artifcial Neural Network (ANN). Pada simuasi ANN, digunakan kecepatan
mesin, bukaan throttle, ignition timing dan time injection sebagai input, sedangkan output adalah torsi dan konsumsi bahan bakar. Optimasi dilakukan pada beberapa kondisi, yaitu
posisi ignition timing maju 10%, 15%, 20%, 25%, 30%, 35%, dan 40% serta mundur 10%, 15% dan 20%. Hasil optimasi ANN menunjukkan hasil yang maksimal pada posisi ignition
timing maju 20%, yaitu menurunkan konsumsi bahan bakar sampai 12%, sedang pada pisisi ignition timing yang lain, terjadi peningkatan konsumsi bahan bakar, sehingga dapat
mengurangi efisiensi mesin.

Kata kunci: Peningkatan efisiensi, Sistem injeksi, Artificial Neural Network

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 549| PDF views : 573

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.