PENGEMBANGAN APLIKASI INVESTIGASI KECELAKAAN KERETA API BERBASIS WEB

Wiwik Budiawan
Sriyanto -
Bambang Purwanggono
Dina Tauhida

Abstract


Abstrak
Human error disinyalir merupakan salah satu faktor utama penyebab beberapa kecelakaan kereta api. Hal tersebut terlihat dari data Ditjen Perkeretaapian Kementrian Perhubungan
tahun 2009 2011 yang menyatakan faktor SDM memiliki pengaruh sebesar 25 % sebagai penyebab kecelakaan kereta api. Investigasi kecelakaan kereta api pihak PT. Kereta Api
Indonesia (KAI) masih terbatas. Analisis yang dilakukan hanya berfokus pada individu terkait dan belum dapat menganalisis secara rinci penyebab dari error tiap individu. Maka
diperlukan analisis kecelakaan kereta api dengan metode yang sistematis sehingga rekomendasi yang diberikan tepat sasaran. Salah satu metode sistematis yang banyak
berkembang saat ini adalah Human Factors Analysis Classification System Indonesian Railroad (HFACS-IR) yang dikembangkan oleh Budiawan (2011). HFACS-IR digunakan untuk menganalisis dan mengumpulkan data human error khususnya kecelakaan kereta api yang terjadi di Indonesia. Metode tersebut dilengkapi dengan metode wawancara, yaitu metode Critical Decision Method (CDM) serta disimpulkan menggunakan Emergent Theme Analysis (ETA). Kemudian diperlukan pembuatan skenario kecelakaan dengan menggunakan Linking Causal Factor. Untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi investigasi kecelakaan kereta api,
diperlukan pembuatan aplikasi yang mengakomodir metode HFACS-IR, CDM, ETA, dan Linking Causal Factor. Aplikasi yang dibuat tidak dibatasi pada penggunaan komputer saja,
namun juga dapat digunakan pada smartphone sehingga mempermudah pengumpulan data di lapangan.

Kata kunci: Aplikasi Investigasi, HFACS-IR, Kecelakaan, Kereta Api

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 405| PDF views : 236

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.