KINERJA UMKM TENANT INKUBATOR BISNIS UNIVERSITAS MURIA KUDUS BERDASARKAN IMPLEMENTASI E-MARKETING

Mochamad Edris
Ag Sunarno Handoyo
Dina Lusianti

Abstract


Dengan berkembangnya kemajuan teknologi dan informasi membawa paradigma tersendiri bagi konsep pemasaran. Kini pemasaran bersinergi dengan pemanfaatan teknologi dan informasi dalam konsep Pemasaran Elektronik (E-Marketing). E-Marketing ini dapat mempermudah akses antara para pelaku pemasaran, yakni perusahaan, pemasar, pelanggan dan mitra bisnis yang lainnya. E-Marketing dapat difungsikan guna memperkenalkan produk yang tidak hanya pada lokal daerah tapi juga skala nasional bahkan internasional. E-Marketing juga berperan sebagai pembentuk nilai keunggulan bersaing.
Objek penelitian ini adalah 25 UMKM sebagai tenant inkubator bisnis Universitas Muria Kudus. Sebanyak 8 buah UMKM bergerak pada jenis industri makanan dan minuman, 8 buah konveksi pakaian, dan masing-masing 3 buah UMKM pada konveksi bordir, konveksi jilbab, dan konveksi tas.
Penelitian ini akan menilai kinerja UMKM tenant inkubator Universitas Muria Kudus berdasarkan implementasi E-Marketing. Sehingga akan nampak berapa UMKM yang telah melaksanakan E-Marketing, bagaimana pemanfaatan dan penggunaan media sosial dan uji beda sebelum dan sesudah kegiatan E-Marketing didayagunakan.

Kata kunci : E-Marketing, media sosial, UMKM  


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 161| PDF views : 158

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.