APLIKASI BASISDATA FUZZY UNTUK PEMILIHAN MAKANAN SESUAI KEBUTUHAN NUTRISI

Rani Putriana
Sri Kusumadewi

Abstract


Abstrak

Jenis menu makanan yang disantap harus mengandung nilai gizi sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut mungkin dirasa cukup memakan waktu karena harus mencari buku terkait makanan dan nilai gizi, buku tentang diet dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah aplikasi berbasis web sebagai alat yang menyediakan informasi menu makanan beserta kandungan gizinya untuk masyarakat sesuai penyakit yang diderita dengan menerapkan basisdata fuzzy.

Basisdata fuzzy yang digunakan adalah model Tahani dan Umano. Model Tahani memiliki kelebihan yaitu penyimpanan data yang mudah dan penggunaan query yang umum, penerapan teori fuzzy pada pembentukan himpunan yaitu rendah,sedang dan tinggi pada setiap variabel yang ada. Umano memberikan kelebihannya dalam mengatasi data yang ambigu, misalnya set makanan 1 memiliki serat tetapi jumlah serat yang dikandung tidak diketahui, maka Umano akan memberikan derajat keanggotaan satu (1) untuk hal tersebut. Penyakit yang dibahas adalah penyakit yang berhubungan dengan gizi misalnya anemia, diabetes melitus, hipertensi dan sebagainya. Untuk nutrien yang dibahas ada tujuh yaitu karbohidrat, lemak, protein, serat, besi, natrium dan kalori.

Hasil penelitian adalah terciptanya sistem berbasis web yang dapat digunakan untuk penentuan nilai rekomendasi makanan sesuai dengan penyakit yang diderita. Tampilan dari rekomendasi adalah set menu makanan dalam sehari yang dibagi dalam makan pagi, selingan pagi, makan siang, selingan siang, makan malam dan nilai rekomendasi untuk masing-masing menu makanan.

Kata kunci: Basisdata Fuzzy, Kebutuhan nutrisi, Nilai rekomendasi, Rekomendasi makanan

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 450| PDF views : 323

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.