Kajian Konsentrasi Naa Dan Kinetin Terhadap Pertumbuhan Kalus Dari Kotiledon Sambiloto (Andrographis Paniculata Ness.) Secara In Vitro

Veronica Krestiani
- Rukmi

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh zat pengatur tumbuh NAA dan kinetin terhadap pertumbuhan kalus dengan eksplan kotiledon sambiloto (Andrographis paniculata Nees.). Percobaan dilaksanakan di Laboratorium Kultur Jaringan Fakultas Pertanian Universitas Muria Kudus, pada bulan April sampai September 2012.

Penelitian menggunakan percobaan faktorial dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari dua faktor, yaitu konsentrasi NAA dengan tiga aras yaitu 0 ppm, 0,5 ppm, dan 1,0 ppm dan konsentrasi Kinetin dengan tiga aras yaitu 0 ppm, 0,5 ppm, 1,0 ppm, sehingga diperoleh 9 kombinasi perlakuan.

Pada penelitian ini kalus asal kotiledon steril mulai tumbuh pada hari ke tujuh dan seterusnya berkembang membentuk kalus pada seluruh permukaan kotiledon selain pada perlakuan kontrol tidak tumbuh kalus tetapi tumbuh tunas apikal, sedangkan kalus yang dihasilkan berstruktur keras, bertekstur padat dan warna kalus yang bervariasi dari hijau muda sampai coklat muda.

Teks Lengkap:

PDF PDF

Article Metrics

Abstract views : 188| PDF views : 103 PDF views : 86

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.