Analisis Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa : Studi Kasus Di SMKN 4 Pandeglang

Atika Nurafni
Heni Pujiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana kemampuan koneksi matematis ditinjau dari self-confidence siswa , khususnya pada materi Program Linier. Subyek penelitian ini yaitu sebanyak 30 siswa kelas X SMKN 4 Pandeglang Jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya yaitu tes kemampuan koneksi matematis dan angket selfconfidence. Penelitian yang dilakukan dalam tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Secara keseluruhan kemampuan koneksi matematis siswa memperoleh rata-rata 65% yang termasuk dalam kategori cukup, 2) Siswa dengan self-confidence tinggi, rata-rata kemampuan koneksi matematisnya 86% yang termasuk kedalam kategori sangat baik, 3) Siswa dengan self-confidence sedang, rata-rata kemampuan koneksi matematisnya 63% yang termasuk kedalam kategori cukup, dan 4) Siswa dengan self-confidence rendah, rata-rata kemampuan koneksi matematisnya 47% yang termasuk dalam kategori kurang

Keywords


Kemampuan koneksi matematis, Selfconfidence

References


Defitriani, E. 2018. Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Differentiated Instruction. Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 72–76.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. (N. F. Atif, Ed.) (kesatu). Bandung: PT Refika Aditama.

Hendriana, H., Slamet, R., & Sumarmo, U. 2014. Mathematical Conection Ability AND SelfConfidence (An experiment on Junior High School students through Contextual Teaching and learning with Mathematical Manipulative). International Journal of Education, 8, 1–11.

Hidayat, W., Tresnawati, & Euis Eti Rohaeti. 2017. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 116–122.

Koriyah, V. N., & Harta, I. 2015. Pengaruh OpenEnded terhadap Prestasi Belajar , Berpikir Kritis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95–105.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Maisyarah, R., & Surya, E. 2017. Kemampuan Koneksi Matematis (Connecting Mathematics Ability) Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika, (December). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/321 803645

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Six Principles for School Mathematics: Executive Summary. https://doi.org/10.1111/j.19498594.2001.tb17957.x

Nurhayati, A. 2014. Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis, Self-Confidence Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Berbantuan Persoalan Open-Ended (Tesis). Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Pitriyani, P., Fitrianna, A. Y., Malinda, P., & Hajar, M. S. 2018. Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa MTs Ditinjau Dari Self Confidence. JPPM : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpp m.v11i1.2989

Puteri, J. W., & Riwayati, S. 2017. Kemampuan koneksi matematis siswa pada model pembelajaran conneted mathematics project (cmp). Fibonacci, 3(2), 161–168.

Suhandri, S., Nufus, H., & Nurdin, E. 2017. Profil Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Level Kemampuan Akademik. Jurnal Analisa, 3(2), 115. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2012




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3013

Article Metrics

Abstract views : 3062| PDF (Bahasa Indonesia) views : 2917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: