Profil Pengetahuan Konseptual Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif

Rafiq Badjeber
Wahyuni H Mailili

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan konseptual siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari gaya kognitif  field independent dan field dependent. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 8 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palu yang terdiri dari 4 siswa dengan gaya kognitif field independent dan 4 siswa dengan gaya kognitif field dependent. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field independent mampu mengenali contoh dan noncontoh dari konsep; serta menafsirkan model, simbol, tanda atau istilah yang digunakan untuk mewakili konsep, namun tidak mampu memanipulasi ide-ide terkait dengan menggunakan berbagai macam representasi; dan mengidentifikasi prinsip-prinsip yang berkaitan. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif field dependent hanya dapat mengenali contoh dan noncontoh dari konsep, tetapi tidak dapat menafsirkan model, simbol, tanda, atau istilah yang digunakan untuk mewakili  konsep; memanipulasi ide-ide terkait dengan menggunakan berbagai macam representasi; serta mengidentifikasi prinsip-prinsip yang berkaitan


Keywords


Conceptual Knowledge Cogntive Styles

References


Desmita. 2009. Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Badjeber, R. & Mailili, W.H. 2018. Analisis Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Sistem PErsamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(2): 41-53.

Hamdani. 2015. Meningkatkan Pengetahuan Konseptual dan Pengetahuan Prosedural Mahasiswa Melalui Pendekatan Diskursus Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 6(1): 13-25.

Hallett, et. al. 2012. Individual Diffrences in Conceptual and Procedural Fraction Understanding: The Role of Abilities and School Experience. Journal of Experimental Child Psychology, 113(4): 469-486

Kilpatrick, et. al. 2001. Adding it up: helping children learn mathematics. Washington, DC: National Academy – Press.

Lusiana, R. 2017. Analisis kesalahan Mahasiswa dalam memecahkan masalah pada materi himpunan ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1): 24-29.

Mailili, W. H. 2018. Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1): 1-7.

Schneider M, et. al. 2015. Relations Among Conceptual Knowledge, Procedural Knowledge, and Procedural Flexiblity in Two Samples Differing in Prior Knowledge. eveloping conceptual and procedural knowledge of mathematics. Developmental Psychology, 47(6): 1525-1538.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidiikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Ulya, H. 2015. Hubungan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2): 1-12.

Yousefi, M. 2011. Cognitive Style and EFL Learner’s Listening Comprehension Ability. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 1(1) : 73-83.

Putra, A. P. 2014. Eksperimentasi Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Pendekatan Pembelajaran Open-Ended pada Materi Segitiga dan Segiempat Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri se- Kabupaten Pacitan. Numeracy, 1(2): 1-10.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3080

Article Metrics

Abstract views : 897| PDF (Bahasa Indonesia) views : 1090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: