Efektifitas Penggunaan Soal Model Rima-Heuristik dalam Kreativitas Matematika Siswa

Maria Dea Pramudita
Kadwi Mentari
Monica Flaviyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang disajikan dalam bentuk Rima-Heuristik. Kreativitas siswa diamati melalui beragam cara penyelesaian yang didapatkan siswa sehingga mendapatkan jawaban yang benar dan tepat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model deskriptif. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas V di SD Joannes Don Bosco, Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis dalam bentuk Lembar Kerja Siswa (LKS). Data dianalisis dengan cara mengklasifikasikan banyaknya jawaban yang diperoleh siswa dan variasi jawaban dari hasil pengerjaan siswa, menghubungkan dengan catatan klasifikasi (kurang kreatif, cukup kreatif, dan kreatif), dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tersebut diperoleh bahwa siswa mampu menemukan banyak jawaban dalam menyelesaikan permasalahan dan beragam jawaban dari suatu permasalahan yang diberikan dengan benar dan tepat. Berdasarkan dari hasil analisis data yang dilakukan diperoleh bahwa paling sedikit siswa menemukan tiga jawaban yang tepat dan beragam dari suatu permasalahan yang diberikan sehingga siswa SD kelas V di SD Joannes Don Bosco ini dapat dikategorikan siswa yang cukup kretif dari kemampuan-kemampuan yang mereka tuangkan dalam tes yang diberikan. Penelitian Rima-Heurustik ini ternyata dapat membantu dalam pembelajaran kelas menjadi lebih menarik dan menjadi daya tarik anak untuk berpikir kreatif.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Karwowski, Maciej., Dorota M. Jankowska., dan Witold Szwajkowski. 2017. Creativity, Imagination, and Early Mathematics Education. Springe International Publishing Switzer

Makmur, Agus. 2015. Efektifitas Penggunaan Metode Base Method Dalam Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP N 10 Padangsidimpuan. UMTS PadangSidimpuan.

Pitta-Pantazi, Demetra., Maria Kattou dam Constantinos Christou. 2018. Mathematical Creativity: Product, Person, Process dan Press. Springer International Publishing AG.

Sujiono, Bambang dan Yuliani Nurani Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks


Article Metrics

Abstract views : 18| PDF views : 14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed:

     

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: