Pengembangan Silabus, RPP dan LKS Materi Geometri Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Karakter

Alfonsa Maria Abi
Netty J Marlin Gella

Abstract


Penelitian ini adalah Research and Development (R and D) model Borg and Gall menggunakan preexperimental one group pretest-posttest design. Bertujuan menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan penggunaan silabus, RPP dan LKS yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Amanuban Barat kelas VIII tahun ajaran 2017/2018 pada materi geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa silabus, RPP dan LKS memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kevalidannya sebesar 88,4% dan kepraktisannya  sebesar 82,3% ditunjukkan dengan respon positif siswa dan guru. Keefektifan sumber belajar dilihat dari perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Peningkatan prestasi belajar setelah implementasi sebesar 0,35 atau berkategori sedang dilihat dari skor gain. Implementasi pengembangan silabus, RPP dan LKS meningkatkan karakter siswa berupa kritis dan aktif. Siswa lebih kritis dan lebih aktif dalam pembelajaran terlihat ketika mereka menyelesaikan masalah

Keywords


ethnomathematic; geometry; student work sheet, lesson plan, silaby

References


Abi, A. M. 2016. Integrasi Etnomatematika dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI, I(1): 1-6.

Cresswell, W. J. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif dan Mixed Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Francois, K. 2009. The Role Of Ethnomathematics Within Mathematics Education. Proceedings of CERME in Prancis in 2009, 1517-1526. Prancis.

Hardari, N dan Martini. 2006. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kaselin, Sukestiyarno, dan Budi W. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Pembelajaran Matematika Dengan Strategi REACT Berbasis Etnomatematika. UJMER, 2(2):121-127.

Matitaputty, C. 2016. Desain Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Materi Nilai Tempat Kelas 2 Sekolah Dasar. LEMMA, III(1):1-12.

Rizka, S., Mastur, Z., dan Rochmad. 2014. Model Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika. UJMER, 3(2):71-78.

Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Supriyanti, Mastur Z., dan Sugiman. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Arias Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. UJME 4 (2): 134-141.

Ummu, Z., Sri, U., dan Henry, S. B. 2018. Penerapan Model Inquiry Berbantuan Media Manipulatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SD. Anargya, 1(1):-.

Undang-Undang RI nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3347

Article Metrics

Abstract views : 903| PDF (Bahasa Indonesia) views : 1347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: