Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS dan Cooperative Script terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika

Jaka Wijaya Kusuma
Hamidah Hamidah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ada tiga yaitu 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar matematika siswa; dan 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS dan Cooperative Script terhadap kelompok minat belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Kecamatan Tirtayasa-Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Hasil penelitian diketahui bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar matematika siswa; dan 3) Model pembelajaran ARIAS dan Cooperative Script memberi pengaruh positif terhadap minat belajar siswa. 


Keywords


Model ARIAS, Cooperative Script, Minat Belajar, Hasil Belajar

References


Ardi, R.S, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS dengan Pendekatan CTL Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 1 Padang. Jurnal Pendidikan, 63(1): 63-69

Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S.B. dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika Buku 3. Jakarta: Depdiknas

Hakim, L. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Heyneman, S. P., & Lee, B. 2016. International Organizations and The Future of Education Assistance. International Journal of Educational Development, 9-22.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Slavin, R.E., 2006. Accommodating student diversity in reading and writing instruction: a cooperative learning approach, Journal of Technology Education, 18 (1): 52-55

Sumiati, dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Susiloyoga, J. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menentukan Peluang Suatu Kejadian dengan Model Pembelajaran Kooperative Script pada Siswa Kelas IXIPA 3 SMA Negeri 2 Madiun. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 39-62.

Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3460

Article Metrics

Abstract views : 1566| PDF (Bahasa Indonesia) views : 1515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: