Analisis Self-Regulated Learning yang Memperoleh Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Problem-Centered Learning dengan Hands-On Activity


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis self-regulated learning siswa yang menggunakan problem-centered learning dengan hands-on activity dalam pembelajaran. Metode penelitian yang yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 30 orang. Hasil penelitian self-regulated learning dari sembilan indiktor yaitu (1) inisiatif belajar, (2) mendiagnosa kebutuhan belajar, (3) menetapkan tujuan belajar, (4) memonitor, mengatur dan mengontrol belajar, (5) memandang kesulitan sebagai tantangan, (6) memanfaatkan dan mencari sumber yang relevan, (7) memilih dan menetapkan strategi belajar yang tepat, (8) mengevaluasi proses dan hasil belajar dan (9) konsep diri, sebagian besar self-regulated learning siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan problem-centered learning dengan hands-on activity berkategori tinggi.

Keywords


Self-Regulated learning, Problem Centered Learning, Hands-on Activity

References


Cassel, D. (2003). Learning Mathematics in Community Accomodoring Learning Style in Second Grade Problem Centered Classroom. [Online]. Tersedia: //www.findarticle.com

Hafriani. (2004). Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa melalui Problem-Centered Learning. Tesis pada PPS UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Krismanto, AL. (2003). Beberapa teknik, Model dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.

Qohar, A. (2010). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman, Koneksi dan Komunikasi MatematisSerta Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP Melalui Resiprocal Teaching: Disertasi pada Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan.

Ratnaningsih, N. (2007). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Matematik serta Kemandirian Belajar Siswa SMA: Disertasi pada Universitas Pendidikan Indonesia: Tidak diterbitkan.

Sumarmo, U. (2004). Kemandirian Belajar, Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Laporan Penelitian UPI. Tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3495

Article Metrics

Abstract views : 1046| PDF (Bahasa Indonesia) views : 4161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: