IMPLEMENTASI E-MARKETPLACE ALAMUMU PARIJOTO DI DESA COLO BERBASIS WEBSITE


Abstract


Kemajuan teknologi saat ini berdampak terhadap persaingan bisnis yang terjadi disebagian besar masyarakat. Dampak dari kemajuan teknologi ini mengakibatkan banyak masyarakat berbelanja secara online tanpa harus keluar rumah. CV Seleksi Alam Muria (ALAMMU) adalah pionir yang mengolah buah lokal khas Gunung Muria yaitu buah parijoto menjadi produk yang unik dan beragam. Selama ini sistem penjualan Alammu Parijoto di Desa Colo masih mengandalkan interaksi dengan konsumen yang akan membeli  datang ke toko. Solusi untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan teknologi dengan membuat sistem penjualan berbasis web yang di lakukan secara online menggunakan internet. Dalam proses pembuatan e-marketplace menggunakan metode Waterfall dengan Bahasa pemrograman PHP dan MYSQL sebagai basis pengolahan data. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun marketplace penjualan produk Alammu Parijoto  di desa Colo berbasis website, serta memberikan kemudahan  kepada para pelanggan dalam memperoleh informasi, melakukan transaksi atau pemesanan secara online. Hasil dari penelitian ini yaitu terciptanya sistem e-marketplace sebagai sarana penjualan produk Alammu Parijoto berbasis website.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ismai. (2020). E-Commerce Marketplace Petshop Menggunakan Integrasi Rajaongkir API dan iPaymu Payment Gateway API. JITTER-Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer, 1(1).

Karmila, D., & Rusda, D. (2019). E-Marketplace Penjualan Dan Pemasaran Barang Furniture Pada Toko Mebel Menggunakan Php Dan Mysql Server. Jurnal Penelitian Dosen Fikom (UNDA), 10(1), 1–5.

Novica Ramadanis, F., Daffa Adriansyah, M., Fadhil Alamsyah, M., Meinita, R., Putra Satriawan, T., & Firmansyah, R. (2022). Perancangan Website Marketplace Berbasis Php Dengan Framework Codeigniter. Jurnal Informatika Dan Teknologi Komputer, 2(2), 190–197.

Setiawan, I., Nirwan, S., & Amelia, F. M. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Berbasis Web (Sub Modul : Pembelian). Jurnal Teknik Informatika, 10(3), 37–43.

Zaliluddin, D., & Rohmat. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus Pada Newbiestore). Infotech Journal, 4(1), 24–27.


Article Metrics

Abstract views : 65| PDF views : 53

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal Page Footer