RANCANG BANGUN SISTEM JASA WEDDING ORGANIZER BERBASIS WEBSITE

Khalimatus Sa'diyah

Abstract


Wedding organizer merupakan suatu jasa dalam membantu masyarakat merancang dan mengelola sebuah acara atau pesta pernikahan. Jasa WO khususnya di kota Kudus masih melakukan pemesanan dan pembayaran secara manual. Selain itu, dalam mempromosikan wedding organizer hanya dengan mulut ke mulut dan social media saja. Dengan promosi yang baik, Masyarakat akan menngetahui tentang layanan yang diberikan oleh wedding organizer. Guna memudahkan Masyarakat dan pihak WO dalam mencari, mempromosikan, memesan dan membayar wedding organizer tersebut. Dalam perancangan system ini penulis menggunakan metode pengembangan menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) waterfall. Dan untuk desain penyusunan menggunakan Data Flow Diagram (DFD). Untuk pengujian menggunakan metode Black Box Testing, cukup dengan meninjau input dan output yang dihasilkan oleh system yang telah dibuat dengan mengimplementasikannya dengan websit. Dalam pembuatan website, menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Diharapkan rancangan system yan dibuat dapat sesuai dengan kebutuhan dan bermanfaat untuk Masyarakat dan pihak wedding organizer khususnya di Kota Kudus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa berhasil dalam merencang dan membangun system jasa wedding organizer dalam bentuk digital market berbasis website.


Keywords


Wedding organizer, waterfall, DFD, Promosi, MySQL, PHP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amelia, D. P., Jodhinata, A., & Junaedi, H. (2021). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Wedding Organizer Dalam Bentuk Marketplace. Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology, 3(01), 24–28. https://doi.org/10.37823/insight.v3i01.134

Ayu, F., & Fitri, N. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Wedding Organizer Online. Jurnal Intra-Tech, 3(2), 92–104.

Fatihudin, D., & Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Jasa. March, 274.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

G/Tsadik, D., Berhane, Y., Worku, A., Luo, D., Cheng, Y., Zhang, H. H., Ba, M., Chen, P., Li, H., Chen, K., Sha, W., Zhang, C., Chen, H. H., Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Ansar J, Dwinata I, M. A., Agus Triono, I. H., Fitriayani, Y., Wuni, C., Wolfe, D. T., … Haris, A. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. International Journal of Hypertension, 1(1), 1–171. http://etd.eprints.ums.ac.id/14871/

Hakim, A. A., Pratama, S., & S, F. P. (2019). Sistem Informasi Manajemen Hubungan Pelanggan Berbasis Web Pada PT. Arya Media Tour & Travel. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 5(2), 123–136. https://doi.org/10.35957/jatisi.v5i2.142

Handrianto, Y., & Sanjaya, B. (2020). Model Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Produk Dan Outlet Berbasis Web. Jurnal Inovasi Informatika, 5(2), 153–160. https://doi.org/10.51170/jii.v5i2.66

Iqbal, M. (2019). Pemasaran Jasa Pendidikan dan Implementasinya sebagai Strategi Pengembangan Pendidikan di SMP Muhammadiyah 1 Depok Sleman Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 127–146. https://doi.org/10.14421/manageria.2019.41-08

Irrawan, S. N., Simanjuntak, R. A., & Yusuf, M. (2019). ISSN : 2338-7750 Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta Jurnal REKAVASI ISSN : Jurnal REKAVASI, 7(1).

Kewas, Lapian, & Rogi. (2020). Pelanggan Terhadap Kepuasan Wisatawan China Pada Best Western Lagoon Hotel Manado Effect Of Marketing Mix Strategy And Customer Relationship Management On Chinese Tourist Satisfaction At The Best Western Lagoon Hotel Manado. Emba, 8(4), 100–109.

Laraswati, D., & Marlina, M. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi pelayanan Paket Pernikahan Pada Mindo Wedding Organizer. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 1–8.

Lq, L., Lv, F., Lpsruwdqw, D. Y. H. U., Lq, I., & Dfwlylwlhv, P. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda Di Kota Yogyakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, 2(3), 18–23. https://doi.org/10.26460/ed_en.v2i3.1594

Mukhtar, H. (2019). Aplikasi Penjadwalan Otomatis Ujian Proposal Dan Sidang Skripsi Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Riau. Jurnal Fasilkom, 8(1), 315–333. https://doi.org/10.37859/jf.v8i1.1196

Nur, H. (2019). Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan. Generation Journal, 3(1), 1. https://doi.org/10.29407/gj.v3i1.12642

Raisa, H. P., Sastra, R., & Musyaffa, N. (2018). Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Wedding Organizer Lili Vicky Decoration. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 6(2), 126–133. https://doi.org/10.31294/khatulistiwa.v6i2.155

Sitinjak Daniel Dido Jantce TJ, M., & Suwita, J. (2020). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kursus Bahasa Inggris Pada Intensive English Course Di Ciledug Tangerang. Ipsikom, 8(1), 1–19.

Tabrani, M., & Aghniya, I. R. (2019). Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(1), 44–53. https://doi.org/10.35969/interkom.v14i1.46

Tegowati, & Mutmainah, D. (2022). Analisis Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Smartphone Berdasarkan Kualitas Produk, Promosi dan Desain Produk. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 219–226.

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, November, 1–5.

Wulandari, R., Setiawan, R., & Mulyani, A. (2020). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Wedding Organizer Online Menggunakan Scrum. Jurnal Algoritma, 16(2), 139–150. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.16-2.139

Серік, С., Мавричева, Н., & Ченчик, Т. (2021). Рівні Моноцитарного Хемоатрактантного Протеїну-1 У Хворих На Цукровий Діабет 2 Типу У Поєднанні З Ішемічною Хворобою Серця. Problems of Endocrine Pathology, 78(4), 57–64. https://doi.org/10.21856/j-pep.2021.4.08

https://www.smktarunabangsa.sch.id/artikel/detail/kardinalitas-ratio-entity-relationship-diagram, 2023


Article Metrics

Abstract views : 77| PDF views : 72

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal Page Footer