APLIKASI PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER MARCHING BAND BERBASIS WEB

Muhammad Habib Syukron

Abstract


Marching band adalah sekumpulan atau sekelompok orang yang memainkan satu atau beberapa lagu menggunakan sejumlah kombinasi alat musik seperti alat tiup, perkusi dan sejumlah instrumen pit dan dimainkan secara bersama-sama. Pengelolaan ekstrakurikuler Gita Caraka Marching Band yang berada di Madrasah Matholi’ul Huda Pucakwangi yang masih manual membuat proses pengelolaan terhambat dan memakan waktu yang cukup lama. Pengelolaan yang masih manual itu sendiri seperti permohonan izin siswa ditiap kelas ketika ingin tampil, administrasi pemasukan dan pengeluaran ekstrakurikuler, anggota, aset alat (alat tiup, perkusi, instrument pit). Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi web untuk membantu dalam proses pengelolaan ekstrakurikuler marching band. Aplikasi Pengelolaan Ekstrakurikuler Marching Band Berbasis Web dibuat dengan PHP sebagai bahasa pemrogramannya, CodeIgniter sebagai Framework, dan MySQL untuk penyimpanan database. Metode yang digunakan untuk pembuatan aplikasi pada penelitian ini adalah dengan Metode Waterfall. Hasil dari Aplikasi Pengelolaan Ekstrakurikuler marching band berbasis web ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah dalam proses pengelolaan ekstrakurikuler meliputi pengelolaan surat, data alat, keanggotaan, dan keuangan.


Keywords


Aplikasi, PHP, MySQl, Ekstrakurikuler, Marching Band, Waterfall

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


INDRA, H., ADHA, A.C., YULIANA, D., SYAFRIZAL, A. and SABRI, K., 2023. Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman (Studi Kasus Restoran Plaza Pekanbaru). Minfo Polgan, VOL.12(No.1), pp.1397–1403.

JULIO, F., 2022. Pelaksanaan Ekstrakurikuler Marching Band di Sman 2 Lubuk Basung Kabupaten Agam.

NUH, M., 2022. Penyuluhan Mengelola Website Sebagai Media Publikasi, Komunikasi dan Informasi Pada Pesantren Hidayatullah Jonggol. Jurnal Pedes - Pengabdian Bidang, 2, pp.110–117.

PRATAMA, D.F.W. and DARU, A.F., 2022. Penerapan Metode Waterfall untuk Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Menggunakan Framework Code Igniter. Information Science and Library, 3(1), p.55. https://doi.org/10.26623/jisl.v3i1.5108.

SALLBY, A.F. and KANEDI, I., 2020. Perancangan Sistem Informasi Jadwal Dokter Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Media Infotama, 16(1), pp.48–53. https://doi.org/10.37676/jmi.v16i1.1121.

WAHID, A.A., 2020. Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, (November), pp.1–5.


Article Metrics

Abstract views : 15| PDF views : 14

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal Page Footer