IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM PENJUALAN ONLINE PADA HOME INDUSTRY CHIC ECOPRINT & TIE-DYE DI KABUPATEN KUDUS (E-COMMERCE)

muhammad rizqi dwi yulian

Abstract


Chic ecoprint & tie-dye merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM yang berfokus dibidang fashion dan juga berbagai aksesoris. Ecoprint adalah teknik membatik menggunakan bahan dedaunan dan bunga yang berasal dari alam dan sama sekali tidak menggunakan bahan kimia. Produk yang dihasilkan berupa lembaran kain, mukena, topi, Dll. memiliki nilai tambah dalam budaya lokal yang ramah lingkungan. Sedangkan tie-dye atau batik ikat celup  merupakan salah satu produk budaya dan tradisi dalam pembuatan motif di atas kain yang dikenal sudah cukup luas, Chic ecoprint & tiedye dijalankan oleh ibu Siti Suciati mulai tahun 2020, sangat disayangkan produk-produk keren yang di produksi di chic `ecoprint & tie-dye hanya dikenal oleh masyarakat daerah sekitar saja. Oleh karena itu berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan penulis mengangkat judul penelitian Skripsi ini “Implementasi Aplikasi Sistem Penjualan Online Pada Home Industry Chic ecoprint & tie-dye di Kabupaten Kudus (e-commerce)” dengan tujuan untuk bisa mengangkat UMKM daerah dan menjadi lebih eksklusif, dan memperluas pasar diluar kota Kudus dan agar produk – produk yang di ciptakan oleh tangan ajaib sang owner dapat dipakai dan digunakan oleh seluruh masyarakat indonesia. Pada penelitian ini metodologi yang digunakan adalah model SDLC Waterfall, System Development Life Cycle atau SDLC adalah metodologi umum yang digunakan untuk mengembangkan sistem informasi.

 

Kata Kunci : Home Industry, UMKM, Waterfall, E-Commerce


Keywords


sistem informasi, berbasis website, implementasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, Y., Pasha, D., & Setiawan, A. (2020). SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEPEDA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS : ORBIT STATION). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 1(2), 64–70. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Christian, A., Hesinto, S., Patra No, J., Sukaraja Kecamatan Prabumulih Selatan, K., & Selatan STMIK Prabumulih, S. (2018). Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Menggunakan Framework Bootstrap ( Studi Kasus SMP Negeri 6 Prabumulih ). In Jurnal SISFOKOM (Vol. 07).

Endah Saptutyningsih, D. T. K. W. (2019). PEMANFAATAN BAHAN ALAMI UNTUK PENGEMBANGAN PRODUK ECOPRINT DI DUKUH IV CERME, PANJATAN, KABUPATEN KULONPROGO. WARTA LPM, 22, 18–26.

Febriantoro, W. (2018a). KAJIAN DAN STRATEGI PENDUKUNG PERKEMBANGAN E-COMMERCE BAGI UMKM DI INDONESIA (Vol. 3, Issue 5). http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/

Febriantoro, W. (2018b). KAJIAN DAN STRATEGI PENDUKUNG PERKEMBANGAN E-COMMERCE BAGI UMKM DI INDONESIA (Vol. 3, Issue 5). http://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/

Muslihudin, M., Larasati, A., Tinggi, S., Informatika, M., Komputer, D., Lampung, P., & Wismarini, J. (2014). PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI STMIK PRINGSEWU MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL. In Technology Acceptance Model (Vol. 3).

Permana, R. A., & Sahara, S. (2018). Penerapan SDLC Waterfall Berbasis Web pada Toko Giant Komputer Depok.

Ridwan, M., & Fitri, I. (2021). Rancang Bangun Marketplace Berbasis Website menggunakan Metodologi Systems Development Life Cycle (SDLC) dengan Model Waterfall. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 5(2), 2021. https://doi.org/10.35870/jti

Siswanto, M. A., & Djulatov, R. (n.d.). Analisis dan Perancangan Sistem Pengelolaan Human Resource untuk PT Digerati Atomic Indonesia dengan Metode Agile. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/jriin

Wahid, A. A. (2020). Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK Oktober (2020) Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi.

Wati, E. F., Kusumo, A. A., Bsi, A., Komplek, T., & Sektor, B. (2016). Penerapan Metode Unified Modeling Language (UML) Berbasis Desktop Pada Sistem Pengolahan Kas Kecil Studi Kasus Pada PT Indo Mada Yasa Tangerang. In UNSIKA Syntax Jurnal Informatika (Vol. 5, Issue 1).

Widodo, S. T., Program, S. P., Seni, S. K., Kriya, J., & Rupa, S. (n.d.). KRIYA TEKSTIL TIE-DYE (IKAT CELUP): SEBUAH MEDIA EKSPLORASI ESTETIS YANG POPULER.


Article Metrics

Abstract views : 34| PDF views : 10

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal Page Footer