PERANCANGAN SISTEM ABSENSI KARYAWAN BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL


Abstract


Absensi karyawan adalah aspek krusial bagi sebuah perusahaan karena berdampak langsung pada disiplin dan kinerja. Oleh karena itu, penting untuk memiliki sistem pencatatan kehadiran yang efisien dan akurat, yang memungkinkan pencatatan secara real-time. Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan teknologi komputer, seperti aplikasi absensi berbasis web. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem absensi karyawan berbasis web dengan metode Waterfall, dengan fokus pada kasus absensi pada Chand Store. saat ini proses absensi masih dilakukan secara manual menggunakan buku absensi harian. Hal ini mengakibatkan penurunan efisiensi dan efektivitas dalam pencatatan, pencarian, dan perhitungan data absensi. Selain itu, risiko kesalahan dan kehilangan data juga semakin besar. Untuk mengatasi masalah tersebut, kami mengembangkan Sistem Informasi Absensi berbasis web di Chand Store. Metode penelitian yang kami gunakan mencakup riset, wawancara, dan studi literatur. Pengembangan perangkat lunak dilakukan dengan menggunakan metode Waterfall, yang mencakup analisa kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, pengujian program, penerapan dan pemeliharaan. Dengan adanya aplikasi absensi karyawan berbasis web, diharapkan proses pencatatan, pencarian, dan perhitungan data absensi dapat menjadi lebih mudah dan cepat, sambil meminimalisir risiko kesalahan dan kehilangan data di Chand Store.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Isputrawan, M.F. and Suriyanti, S. (2023) ‘Pengembangan Aplikasi Absensi Berbasis Web Menggunakan Face Recognition’, Jurnal Teknoinfo, 17(1), p. 55. Available at: https://doi.org/10.33365/jti.v17i1.2243.

Kholifah, D.N., Solecha, K. and Fai, M.A. (2022) ‘Perancangan Program Absensi Karyawan Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Pada PT Kedai Sayur Indonesia’, 8(1).

Olindo, V. and Syaripudin, A. (2022) ‘Perancangan Sistem Informasi Absensi Pegawai Berbasis Web Dengan Metode Waterfall ( Studi Kasus : Kantor Dbpr Tangerang Selatan )’, 1(01), pp. 17–26.

Ramadhan, W. et al. (2022) ‘Aplikasi Absensi Mahasiswa dan Dosen Politeknik Ganesha Medan Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySql’, 6, pp. 526–533.

Sutikno, A., Nahdlatul, U. and Indonesia, U. (2022) ‘SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN’, 1(2).

Tresnawati, S. and Pratama, A. (2021) ‘Aplikasi Absensi Dengan Metode Geolocation Berbasis Web ( Studi Kasus : PT . Codepolitan Integrasi Indonesia )’, 01(02), pp. 49–53.


Article Metrics

Abstract views : 52| PDF views : 198

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Journal Page Footer