Analisis Perbandingan Komposisi Biobriket Berbahan Baku Tempurung Kelapa dan Kayu Rambutan dengan Perekat Pati Kanji dan Molase

M Fikri
Ade Sunardi
Mohamad Zaenudin

Abstract


Semakin berkurangnya jumlah bahan bakar fosil yang tersedia telah mendorong kebutuhan akan sumber energi alternatif dan terbarukan. Oleh karena itu, pencarian untuk menemukan sumber bahan alternatif yang dapat diperbarui, ekonomis, dan ramah lingkungan menjadi suatu kegiatan yang sangat penting untuk pengembangan sumber energi yang lebih berkelanjutan. Salah satu solusinya adalah melalui penggunaan Biobriket, yaitu briket atau arang yang dihasilkan dari limbah biomassa seperti dedaunan, ranting, jerami, kayu, dan berbagai jenis bahan hayati lainnya. Pembuatan Biobriket dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk bahan yang digunakan, kehalusan arang hasil karbonisasi, massa jenis arang, temperatur karbonisasi, variasi komposisi, dan tekanan pada proses pencetakan. Biobriket ini memiliki keunggulan dalam menghasilkan asap yang sangat sedikit, bahkan hanya timbul saat proses penyalaan. Pada penelitian ini, biobriket dibuat sedemikian rupa dengan menggunakan campuran tempurung kelapa dan kayu rambutan dengan komposisi yang berbeda-beda. Dua perekat digunakan pada penelitian ini, yaitu molase dan tepung kanji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa campuran briket dengan kualitas terbaik adalah briket dengan komposisi campuran 90% arang dan 10% perekat (molase dan pati kanji). Hal ini disimpulkan dari beberapa faktor pengujian yaitu, densitas, shutter index, laju pembakaran, dan sisa abu. Penelitian ini telah berhasil memberikan wawasan mengenai pembuatan biobriket dengan menggunakan bahan baku tempurung kelapa dan kayu rambutan berperekat molase dan tepung kanji.


Keywords


biobriket; kadar air; zat sisa; kadar abu; shutter index

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gamayel, A., Zaenudin, M., Mohammed, M. N., & Yusuf, E. (2022). Investigation of the Physical Properties and Droplet Combustion Analysis of Biofuel from Mixed Vegetable Oil and Clove Oil. Science and Technology Indonesia, 7(4), 500-507. [2] Gamayel, A., Mohammed, M. N., Zaenudin, M., & Yusuf, E. (2022). Droplet Combustion and Thermogravimetric Analysis of Pure Coconut Oil, Clove Oil, and Their Mixture. Science and Technology Indonesia, 7(3), 313-319. [3] Kurniawan, Adi., Zaenudin, M., YKP Saleh. (2023). PENGARUH TEKANAN PADA MESIN PRESS PNEUMATIC UNTUK PEMBUATAN BRIKET DENGAN MENGGUNAKAN JIG MATERIAL SKD 11. Technopex 2023, 1(1), 33-48. [4] Arifin, M Zaenal., Zaenudin, M., YKP Saleh. (2023). RANCANG BANGUN MESIN PRESS PENCETAK BRIKET ARANG BERBAHAN KAYU JAMBU BIJI. Technopex 2023, 1(1), 55-65. [5] Budi, E. (2017). Pemanfaatan briket arang tempurung kelapa sebagai sumber energi alternatif. Sarwahita, 14(01), 81-84. [6] Wahidin Nuriana, N. A., & Martana, T. I. N. (2013). Karakteristik biobriket kulit durian sebagai bahan bakar alternatif terbarukan. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 23(1). [7] Sulistyanto, A. (2006). Karakteristik pembakaran biobriket campuran batubara dan sabut kelapa. [8] Arni, A., Labania, H. M., & Nismayanti, A. (2014). Studi uji karakteristik fisis briket bioarang sebagai sumber energi alternatif. Natural Science: Journal of Science and Technology, 3(1). [9] Ilham, J., & Harun, E. H. (2022). Studi nilai kalor briket bioarang dari limbah rumah tangga sebagai sumber energi alternatif. Jurnal Vokasi Sains dan Teknologi, 1(2). [10] Rifdah, R., Herawati, N., & Dubron, F. (2022). Pembuatan Biobriket Dari Limbah Tongkol Jagung Pedagang Jagung Rebus Dan Rumah Tangga Sebagai Bahan Bakar Energi Terbarukan Dengan Proses Karbonisasi. Jurnal Distilasi, 2(2), 39-46. [11] Gunawan, K. (2019). Pengolahan Limbah Jerami Menjadi Briket Dan Pupuk Organik (Solusi terhadap kelangkaan bahan bakar dan Manajemen Kewirausahaan bagi Petani Beras Bali desa Sudaji). Prosiding SENIATI, 5(2), 331-335. [12] Kadhafi, M. (2018). Pemanfaatan Limbah Produksi Tape Singkong Sebagai Sumber Energi Alternatif Biogas Dan Biobriket Untuk Industri Rumah Tangga. Warta Pengabdian, 12(2), 271-281.




DOI: https://doi.org/10.24176/crankshaft.v6i3.11451

Article Metrics

Abstract views : 91| PDF views : 42

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Indexed by:

gs      JournalStories Main logo

Flag Counter

Jurnal Crankshaft is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Dedicated to: