Simulasi Rangka Sepeda Fixie dengan Material Alloy 6061 menggunakan Metode Elemen Hingga

Damarnur Ilalang Adhitiya, Rizki Aulia Nanda, Agus Supriyanto

Sari


Desain sepeda yang awalnya sederhana dan keterbatasan penggunaannya mengalami kemajuan yang pesat seiring berlalunya waktu. Terdapat peningkatan yang signifikan dalam aspek desain rangka, bahan baku, dan berbagai aksesoris pada sepeda. Untuk menggunakan alloy 6061 pada rangka sepeda fixie perlu diketahui berapa beban yang dapat diterima, berapa nilai safety factor yang dihasilkan serta apakah penggunaan material alloy 6061 pada rangka sepeda fixie dapat diterapkan, maka simulasi metode elemen hingga dipilih yang bertujuan mengetahui kekuatan rangka sepeda fixie dengan menerapkan metode elemen hingga dan Mengetahui nilai safety factor yang dihasilkan. Desain rangka sepeda fixie dilakukan menggunakan software Solidworks 2020 (Student Version) dan simulasi metode elemen hingga dilakukan pada software Abaqus (Learning Edition 2018) Hasil yang diperoleh pada pengujian. Bahwa nilai stress rata-rata pada beban 65kg sebesar 138.22 MPa, beban 70kg sebesar 161.25 MPa, beban 75kg sebesar 184.29 MPa. Displacement pada beban 65kg 0.00000280091557 mm, beban 70kg 0.00000300748107 mm, beban 75kg 0.00000321408779 mm. Nilai rata-rata safety factor yang didapat adalah 1.74. Simulasi finite elemen pada pengujian rangka sepeda fixie menggunakan Alloy 6061 dianggap aman dan dapat terapkan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kholilah S, Tristiyono B, Susandari H. Desain Sepeda yang Mendukung Aktivitas dan Gaya Hidup Masyarakat Kota Metropolitan dengan Konsep Mudah dibawa dan Ringan. 2019;8(2):307–13. 2. Loppies VB, Satrijo D, Kurdi O. Analisis Rangka Roadbike Dengan Material Komposit Karbon Dan Baja Menggunakan Metode Elemen Hingga. Vol. 10, Jurnal Teknik Mesin S-1. 2022. 3. Setyoadi Y, Annanto GP. Optimasi Desain Rangka Sepeda Gunung Menggunakan Metode Elemen Hingga. Rotasi. 2018;20(3):172. 4. Lin CC, Huang SJ, Liu CC. Structural analysis and optimization of bicycle frame designs. Adv Mech Eng. 2017;9(12):1–10. 5. Abidin Z, Janatama Aryadi P. Analisis Struktur Sepeda Lipat IZI ARC 16 dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga. J Rekayasa Mesin. 2021;21(1):01–5. 6. Nendra LA, Balai W, Teknologi U, Antariksa P, Garut A, Penerbangan L, et al. Desain Dan Analisis Tegangan Crane Hook Model Circular Section Kapasitas 5 Ton Menggunakan Autodesk Inventor 2017. J SIMETRIS. 2019;10(1). 7. Paksi JGA, Putra IACP, Indriansyah R. Perancangan Struktur Road Bike Frame Menggunakan Aluminium 6063 Melalui Proses Optimalisasi Perlakuan Panas. J Tek Mesin ITI. 2021;5(2):49. 8. Setiawan R, Sugiyanto D, Daryus A. Analisis Simulasi Kekuatan Dan Pembuatan Rangka Kendaraan Sepeda Motor Listrik. J Konversi Energi dan Manufaktur. 8. 9. Drahansky M, Paridah M., Moradbak A, Mohamed A., Owolabi F abdulwahab taiwo, Asniza M, et al. Experimental Investigations on AA 6061 Alloy Welded Joints by Friction Stir Welding. Intech [Internet]. 2016;i(tourism):13. Available from: https://www.intechopen.com/books/advanced-biometric-technologies/liveness-detection-in-biometrics 10. Aswin A, Anggara F. Perancangan Dan Analisis Tegangan Pressure Vessel Horizontal Separator Dengan Metode Elemen Hingga. Sci J Mech Eng Kinemat. 2022;7(2):83–97




DOI: https://doi.org/10.24176/cra.v7i4.13833

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

View My Stats

Indexed by:

gs      

Flag Counter

Jurnal Crankshaft is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Dedicated to: