Pengembangan Spakbor Sepeda Motor dari Material Komposit dengan Penguat Serat Bambu Apus

Fahmi - Qudratullah, Dede Lia Zariatin, Sony Sukmara, Moh Azizi Hakim

Sari


Alat transportasi yang paling banyak digunakan saat ini adalah sepeda motor. Dalam sepeda motor ada bagian komponen paling depan yang bernama spakbor, yang pada umumnya materialnya terbuat dari plastik, sehingga mudah pecah dan jika sudah tidak terpakai berpotensi mencemari lingkungan, berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan sebagai upaya pengembangan spakbor motor dari material komposit dengan penguat serat bambu apus, dari mulai proses pembuatan cetakan spesimen, cetakan spakbor, hingga manufaktur spakbornya. Dalam proses pengembangan spakbor motor ini, dilakukan beberapa pengujian untuk hasil produknya yaitu uji bentuk, uji dimensi, dan juga uji impak dengan menggunakan standar ASTM D6110 terhadap spesimen komposit material pembentuk spakbor motornya. Dari hasil uji bentuk kemiripan antara spakbor komposit dengan spakbor pabrikan nilai rata-rata nya 94,75%, sedangkan untuk uji dimensinya kemiripan antara spakbor komposit dengan spakbor pabrikan nilai rata-ratanya 82,4%, dan untuk hasil uji impak dari spesimen material kompositnya didapatkan nilai 0,15 J/mm2 atau 15 J/cm2 masih lebih baik dari nilai uji impak cover body motor X yaitu 6,05 J/cm2, berdasarkan data penelitian sebelumnya.

Kata Kunci: komposit, serat bambu, bambu apus, spakbor motor, poliester.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA [1] D. Kardiman and D. Rahmalina, “Pengembangan Komposit Matrik Epoxy Melalui Penambahan Penguat Serat Rami dan Fiberglass dengan Variasi 2-4 wt%.” [2] A. Lamappasessu and D. Rahmalina, “Pengembangan Material Bambu Untuk Pembuatan Bodi Speed Boat,” Teknobiz J. Ilm. Progr. Stud. Magister Tek. Mesin, vol. 13, no. 2, pp. 116–122, 2023, doi: 10.35814/teknobiz.v13i2.5291. [3] R. Raliannoor and A. Sabitah, “Pengaruh kekuatan impak poliester berpenguat serat bambu haur dan fiberglass pada aplikasu bumper mobil,” Elem. J. Tek. MESIN, vol. 7, no. 1, Jun. 2020, doi: 10.34128/je.v7i1.115. [4] A. K. Samlawi, Y. Firmana Arifin, and P. Y. Permana, “PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI MATERIAL KOMPOSIT SERAT IJUK (Arenga pinnata) SEBAGAI BAHAN BAKU COVER BODY SEPEDA MOTOR Preparation and Characterization of Composite Materials of Ijuk Fiber (Arenga pinnata) as a Motorcycle Body Cover Raw Material,” Pros. Semin. Nas. Lingkung. Lahan Basah, vol. 3, no. April, pp. 380–383, 2018. [5] I. Teknik, “Kekuatan Tarik Dan Bending Bahan Komposit Serat Bambu Tali ( Gigantochloa Apus ) Bermatriks Polyester,” vol. 15, no. 2, pp. 139–148, 2014. [6] M. I. Andriansyah, “Modifikasi Mesin Alat Uji Impak Metode Charpy Untuk Pengujian Material Komposit Berbahan Dasar Bambu,” Universitas Pancasila Jakarta, 2024. [7] R. Saputra, K. Kardiman, D. T. Santoso, and A. I. Imran, “Analisis Sifat Mekanis dan Sifat Fisis pada Komposit Serat Sabut Kelapa Serat Bambu Matriks Epoxy Sebagai Material Bumper Mobil,” J. Rekayasa Mesin, vol. 17, no. 1, p. 37, 2022, doi: 10.32497/jrm.v17i1.3014. [8] C. Gautama, M. Fa’iz Alfatih, and S. Alimi, “Eksperimen Uji Bending Pada Komposit Resin Polyester Dan Epoxy Serat Jerami Padi Dengan Proses Hand Lay Up,” Tek. STTKD J. Tek. Elektron. Engine, vol. 8, no. 2, pp. 237–242, 2022, doi: 10.56521/teknika.v8i2.623. [9] W. D. Callister Jr, Materials Science and Engineering An Introduction, Seventh Ed. New York: Wiley, 2006. [10] F. Setiawan, D. S. Pratama, R. S. Lubis, and E. Sofyan, “Uji Impact Material Komposit Campuran Serat Bambu Dan Pasir Besi Menggunakan Metode Hand Lay Up,” J. Appl. Mech. Eng. Renew. Energy, vol. 3, no. 1, pp. 28–33, 2023, doi: 10.52158/jamere.v3i1.399.




DOI: https://doi.org/10.24176/cra.v7i4.13952

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

View My Stats

Indexed by:

gs      

Flag Counter

Jurnal Crankshaft is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Dedicated to: