RANCANG BANGUN BOILER DAN TANGKI PENGUAPAN MINYAK ATSIRI PADA MESIN DESTILATOR DENGAN METODE UAP BERBAHAN BAKU DAUN SERAI (CYMBOPOGON NARDUS)

Muhammad Luthfi
Rochmad Winarso
Rianto Wibowo

Abstract


Serai Wangi (Cymbopogon nardus) adalah salah satu tanaman rempah, biasa digunakan sebagai bumbu masakan, dan obat-obatan. Minyak atsiri dari serai dapat dihasilkan dengan berbagai metode misalnya ekstraksi. Keuntungan dari metode ini adalah tidak membutuhkan suhu yang tinggi, sehingga minyak tidak akan mudah rusak. Oleh karena itu dibuatlah boiler dan tangki bahan yang efektif dan memiliki inovasi yang dapat menghasilkan minyak atsiri yang dengan hasil rendemen yang bagus. Metode dalam perancangan dan pembuatan mesin destilator diawali dengan proses observasi di lapangan, buku, jurnal-jurnal yang berhubungan pembuatan boiler sebagai alat untuk memanaskan air dan tangki bahan sebagai wadah bahan daun serai. Konsep yang dilakukan perhitungan perancangan dan gambar desain menggunakan software inventor dan  pembuatan, dan pengujian dalam penggunaan alat boiler dan tangki bahan.Hasil dari rancang bangun boiler dan tangki penguapan adalah proses penguapan dari boiler menuju tangki bahan  berjalan dengan baik dan prosesnya yang efisien dapat menghasilkan minyak atsiri dengan kualitas dan kuantitas yang banyak.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] A. Anwar, Nugraha, A. Nasution, and R. Amaranti, “Teknologi penyulingan minyak sereh wangi skala kecil dan menengah di jawa barat,” Teknoin, vol. 22, no. 9, pp. 664–672, 2016.

[2] D. Nilam and W. S. Sari, Penyulingan Minyak Atsiri Dari Nilam. Jawa Timur, 2012.

[3] P. P. Yuni Eko F, Patar Jonathan S., Mahfud, “Pengambilan Minyak Atsiri dari Daun dan Batang Serai Wangi (Cymbopogon Winterianus) Menggunakan Distilasi Uap dan Air dengan Pemanasan Microwave,” J. Tek. POMITS, 2013.

[4] Tristhy Novilia Angesti, “Perbandingan rendemen dan komponen minyak atsiri sereh wangi (,” no. 06, p. 3953, 1995.

[5] W. Bota, M. Martosupono, dan S. Ferdy Rondonuwu, K. Kunci, and M. Sereh Wangi, “POTENSI SENYAWA MINYAK SEREH WANGI (CITRONELLA OIL) DARI TUMBUHAN Cymbopogon nardus L. SEBAGAI AGEN ANTIBAKTERI,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Fak. Tek. Univ. Muhammadiyah Jakarta, no. November, pp. 1–8, 2015.




DOI: https://doi.org/10.24176/crankshaft.v1i1.2586

Article Metrics

Abstract views : 270| PDF views : 2086

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.