RANCANG BANGUN TANGKI PEMANAS PADA DESTILATOR BIOETANOL DENGAN SISTEM CONTINUE BERKAPASITAS 5 LITER/JAM UNTUK SEKALA UMKM

Muh Rizqi Maulana
Rochmad Winarso
Rianto Wibowo

Abstract


Bioetanol adalah cairan yang dihasilkan dari proses fermentasi gula dari sumber karbohidrat dengan  bantuan mikroorganisme, Bioetanol merupakan bahan bakar yang dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar fosil. Dimana untuk proses produksi etanol sebagai bahan bakar diperlukan adanya kapasitas yang bisa mencukupi kebutuhan tersebut. Destilator sebagai pengolah bioethanol diperlukan adanya tangki pemanas yang dapat digunakan sebagai proses penguapan dalam skala besar. Metode yang digunakan meliputi studi literatur, proses perancangan, proses manufaktur. Pada hasil penelitian telah dibuat tangki pemanas dengan sistem continue otomatis dan memiliki kapasitas 25 liter dengan dimensi tangki pemanas meliputi tinggi tangki 675mm dan diameter 400 mm. Hasil etanol yang didapatkan sebanyak 2,35 liter/jam dengan tingkat kemurnian etanol 91%.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[1] Hambali, Erliza, and S. Mujdalipah, Teknologi Bioenergi. Jakarta, 2007.

[2] R. Winarso, B. S. Nugraha, and Taufiq Santoso, “Pengembangan Alat Destilator Bioetanol Model Refluk,” J. SIMETRIS, vol. 5, no. 2, p. 104, 2014.

[3] R. Winarso, B. S. Nugraha, A. Muttaqin, and N. Rofiudin, “Pemgembangan Alat Destilator Bioetanol Sebagai Bahan Bakar Alternatif,” vol. Prossiding, pp. 7–12, 2014.

[4] M. Ischsan, B. S. Nugraha, and R. Winarso, “Analisa Pengaruh Lama Fermentasi Terhadap Kadar Bioetanol Pada Mesin Destilator Model Reflux,” J. SIMETRIS, vol. 6, no. 2, p. 318, 2015.

[5] Djokosetyardjo, KETEL UAP. Jakarta: Paradndya Paramita, 2003.




DOI: https://doi.org/10.24176/crankshaft.v1i1.2589

Article Metrics

Abstract views : 132| PDF views : 172

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.