RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL POSISI MEJA MESIN PLANER KAYU DENGAN PENGGERAK MOTOR STEPPER BERBASIS ARDUINO UNO

Muhammad Raffi Septiawan
Rochmad Winarso
Qomaruddin Qomaruddin

Abstract


Permintaan akan teknologi terutama kebutuhan akan adanya mesin sekala kecil untuk menunjang kebutuhan industri rumahan yang membutuhkan mesin dengan desain simpel dan praktis dalam pengunaan maupun pengoprasian mesin. Dalam pengembangan mesin plener yang telah dibuat sebelumnya di perlukan penambahan sistem kontrol yang digunakan untuk mengatur naik maupun turun pada ketinggian meja mesin planer kayu. Metode yang digunakan meliputi studi literatur, studi lapangan, proses perancangan dan proses perakitan. Pada hasil penelitian telah dibuat sistem kontrol untuk mengontrol naik maupun turun pada ketinggian meja mesin plener dengan pengerak motor stepper yang telah dikontrol mengunakan mikrokontroler berupa arduino uno didapatkan hasil keakuratan untuk naik maupun turun dengan minimal 1mm dan maksimal 10cm didapat nilai error sebesar 0,8%

 

Kata kunci :mesin planer, motor stepper, sistem kontrol, arduino,


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. Setiawan, 2014 “Mesin Serut Kayu Semi Otomatis Dengan Penggerak Motor Listrik Dengan Penggerak Motor Listrik,”

R. Y. Nasution, H. Putri, and Y. S. Hariyani, 2015 “Perancangan Dan Implementasi Tuner Gitar Otomatis Dengan Penggerak Motor Servo Berbasis Arduino,” J. Elektro Telekomun. Terap. Juli 2015, pp. 83–94.

S. Huda, “Hasil pemotongan pada mesin press dan pemotong kantong plastik dengan kapasitas 500 pcs / jam,” pp. 1–8, 2018.

P. P. Kalatiku and Y. Y. Joefrie, 2011 “Pemrograman Motor Stepper Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman C,” no. 20 September 2015,

M. R. Azhari, 2017 “Perancangan Mesin Pemarut Dan Pemeras Umbi Ganyong (Canna Discolor) Dengan Kapasitas 50 Kg/Jam,” Universitas Muria Kudus..




DOI: https://doi.org/10.24176/crankshaft.v2i1.3081

Article Metrics

Abstract views : 75| PDF views : 81

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.