SISTEM KONTROL GERAK DAN PERHITUNGAN PRODUK PADA MESIN PRES DAN PEMOTONG KANTONG PLASTIK

Purnawan Kushartanto
Masruki Kabib
Rochmad Winarso

Abstract


Pengembangan sistem kontrol pada mesin pres dan pemotong plastik bertujuan untuk merancang dan membuat sistem kontrol pergerakan mesin dan perhitungan produk hasil pemotongan dan pengepresan. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem kontrol adalah desain sistem kontrol, pembuatan hardware dan pembuatan program mikrokontroler Arduino uno. Mekanisme mesin pres dan pemotong kantong plastic adalah gerakan mesin dimulai dari sensor cahaya memberikan sinyal berupa tegangan yang diberikan pada mikrokontroler berupa tegangan 3,5 v, mikrokonroler memberikan perintah pada motor stepper, mekanisme pres dan mekanisme potong untuk bergerak. Pada saat motor stepper berhenti menggerakkan rol, mesin pres dan pemootong bergerak untuk mengepres dan memotong plastik. Hasil penelitian adalah sistem control gerak dapat melakukan proses secara berurutan dan perhitungan hasil pemotongan dan pengepresan plastik sebanyak 100 buah kemudian mesin berhenti 5 detik, selanjutnya dilakukan proses secaraa berulang.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gusti, A.I. dan S.I.I Made. (2017). Rancang bangun prototype penghitung_jumlah orang dalam ruang terpadu berbasis mikrokontroler ATMega328P. Skripsi. Universitas Udayana: Bali.

Hudallah, N. 2010. Rancang Bangun Sistem Pnumatis Untuk Pengembangan Modul-Modul Gerak_Otomatis Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Teknik Elektro. 2. 1,_8–22.

Wicaksono, A. R. (2015). Mesin Las dan Potong Kantong Plastik Berbasis Pneumatik dengan Mikrokontroller. Salatiga.

Handayani, D. I., et al. 2016. Pembaca E-KTP. Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang: Semarang.

Efendi, M. M. Kabib. dan R. Winarso. 2018. Rancang bangun mekanisme pisau potong pada mesin pres dan potong kantung plastikuntuk ukuran plastik 400x550 mm dengan kapasitas 500 potongan/jam. Jurnal Crankshaft. 1. 1, 1-8.

Febri Indiyanto, Rudy. 2018. Rancang Bangun Sistem Pengepresan Dengan Penggerak Penumatik Pada Mesin Press Dan Potong Untuk Pembuatan Kantong Plastik Ukuran 400 X 550 Mm Kapasitas 500 Press/Jam. Teknik Mesin. Universitas Muria Kudus




DOI: https://doi.org/10.24176/crankshaft.v2i1.3086

Article Metrics

Abstract views : 116| PDF views : 81

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.