RANCANG BANGUN DIES BATAKO UNTUK PEMBUATAN 10 BATAKO DALAM SEKALI PROSES

Syafiqul Arif
Qomaruddin Qomaruddin
Rochmad Winarso

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengalami peningkatan yang sangat pesat. Keadaan ini berimbas pada semua bidang kehidupan manusia salah satunya adalah bidang produksi batako. Selama ini pembuatan batako dibuat dengan cara manual belum dapat menghasilkan efisiensi waktu yang cepat. Salah pencapaian efisiensi waktu tersebut dengan desain dies yang lebih tepat dalam pencapaian jumlah hasil produksi. Dari hasil survey yang dilakukan, pengerjaan pembuatan batako secara manual masih belum dapat menghasilkan waktu yang efisien. Karena produk dengan kapsitas rendah dan kualitas belum standar batako seperti yang ada dipasaran. Darai permasalahan perlu adanya inovasi yang mendukung proses produksi yang lebih baik. Tujuan yang akan dicapai adalah merancang bangun dies untuk sebuah cetakan pengepresan batako dengan kapasitas 10 batako dalam sekali proses.Metode yang akan dilakukan adalah tinjauan pustaka, merancang dies, perhitungan, proses manufaktur, analisa simulasi pembebanan manual dan inventor. Hasil yang diharapkan adalah rancang bangun dies untuk mengepres batako yang dapat menghasilkan 10 balok dalam sekali cetak.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annisa Mulia Rani St.Mt, Analisis Kapasitas Produksi Plant 3 Pada Mesin Turbo Mix, Teknik Industri.

Utomo, T., & Susanto, B. 2009, Otomatisasi Alat Cetak Bahan Bangunan (Batako dan Paving Block) Pada Industri Rakyat Yang Berbasiskan Sumber Daya Lokal. Jurnal Mitra Akademika, Volume XIII-Maret.

Umar, M., Z. 2016, Prinsip-prinsip Arsitektur Moderen Pada Pembuatan Batako PC Yang Dikerjakan Secara Manual Di Kota Kendari. Proceeding SNTT4 Inovasi Lanjut Dalam Teknik dan Sains Terapan. FGDT-PTM VII Universitas Muhammadiyah Purwokerto 26 November.

Agustinus Purna Irawan. 2009. Diktat elemen mesin. Universitas Tarumanagara

Ersan Wijayanto, 2012, Analisa Kekuatan Rangka Mesin Press Batako Styrofoam Dan Press

Botol Plastik, Teknik Mesin, digilib.uns.ac.id




DOI: https://doi.org/10.24176/crankshaft.v2i1.3095

Article Metrics

Abstract views : 37| PDF views : 38

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.