PERANCANGAN DAN SIMULASI PUNCH MESIN PRES BATAKO

Muhammad Mishbahul Munir
Qomaruddin Qomaruddin
Rochmad Winarso

Abstract


Batako merupakan salah satu bahan baku bangunan yang paling sering digunakan pada proyek pembangunan properti atau pembuatan rumah biasa, batako biasa digunakan sebagai perkerasan lahan parkir, halaman rumah, dan lain sebagainya, oleh karena itu permintaan pasar akan batako terus bertambah setiap harinya. Dengan metode produksi yang saat ini masih menggunakan cara manual dan proses yang lama mengakibatkan banyak permintaan yang tidak terpenuhi oleh produsen. Oleh Karena itu penulis berupaya membuat mesin pres batako yang hemat dalam proses pembuatan, mudah dioperasikan, dan menghasilkan 10 batako dalam sekali proses. Metode yang digunakan dalam tinjauan pustaka yaitu merancang Punch yang akan digunakan untuk memadatkan 10 adonan batako dalam sekali proses dan menghasilkan gaya 191,1 Nm dalam proses pengepresan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Setiawan, 2012. Rancang Bangun Punch dan Dies Pada Mesin Pres Batako Styrofoam dan Botol Plastik. Program Diploma III Teknik Mesin Produksi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hilman / 20405140. Perancangan dan Analisis Stamping Dies untuk Pembuatan Produk Bracket Bumper Dengan Proses Pres Multi Forging. Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Mesin Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya No.100, Depok 16424 E-mail : azmi_nighmare@yahoo.co.id.

Dharma, Lukito Dwiyuono 2016. Analisa Pengepresan Dengan Sistem Hydrolik Pada Alat Pembuat Paving Block Untuk Perkerasan Lahan Parkir. Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Metro Jl Ki Hajar Dewantara 15 A Metro Lampung.

M Kabib, L Batan, I Made, B Pramujat, A Sigit Pramono. 2015 Analisa dan simulasi gerak Aktuator Punch pada Mesin Pres untuk Proses Deep Drawing, Proseding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XIV (SNTTM XIV) 15 (UNLAM), 6

Atmaja Mukti1), Rudy Poeng2), Tertius V. Ulaan3). Perbandingan kekuatan pengelasan listrik dengan pengelasan gas pada material besi siku jis g3101. Jurusan Teknik Mesin Universitas Sam Ratulangi.




DOI: https://doi.org/10.24176/crankshaft.v2i1.3096

Article Metrics

Abstract views : 78| PDF views : 89

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.