Pembuatan Sepeda Kargo Lipat Minimalis
Abstract
Beberapa negara maju sudah mulai mengembangkan suatu teknologi berupa alat/kendaraan yang diciptakan untuk efisiensi waktu.Kendaraan ini akan mempersingkat waktu jarak tempuh yang diperlukan saat melakukan perpindahan dari suatu tempat ke tempat lainnya, yang jika ditempuh dengan jalan kaki akan memakan waktu yang lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sepeda kargo minimalis folding bike sehingga dapat dilipat mempermudah pengguna dengan sesuai kebutuhan dan dapat disimpan diruang terbatas.
Metode dalam pembuatan sepeda kargo minimalis folding bike ini di awali dengan proses perancanaan, pembuatan dan pengujian. Tahap awal pembuatan speda kargo ini mulai dari gambar kerja, pemotongan bahan sesuai gambr kerja, pengeboran, pengelasan, perakitan finishing, anilis biaya dan selanjutnya dilakukan uji fungsional untuk memastikan apakah pembuatan speda kargo minimalis folding bike dan berfungsi dengan baik atau tidak.
Hasil yang dicapai adalah membuat sepeda kargo minimalis foldig bike dapat memabwa beban dengan kapasitas untuk beban pengemudi maksimal mencapai beban 80kg dan beban untuk kargo maksimal mencapai beban 40 kg. Jadi total keseluruhan bebannya adalah 120 kg dan dapat melaju dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam
Kata Kunci : Sepeda kargo minimalis, folding bike, beban 120kg.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Dan, A. et al., 2018. Perancangan, analisa dan simulasi rangka sepeda listrik untuk masyarakat perkotaan. , 9(2), pp.0–6.
Firman, 2016. Rancang bangun sepeda listrik dengan tenaga surya sebagai kendaraan alternatif dan ramah lingkungan untuk masyarakat. , 1(2), pp.102–107.
Fluent, C.F.D. et al., Analisa Aerodinamika Pada Sepeda Dengan Formasi Beriringan Dengan Variasi Kecepatan Dan Jarak Antar Sepeda Menggunakan. , pp.28–37.
Gusnita, D., 2010. Green Transport : Transportasi Ramah Lingkungan Dan Kontribusinya Dalam Mengurangi Polusi Udara. Berita Dirgantara, 11(2), pp.66–71.
Hartanto, A., 2016. Material Handling Cargo. Material Handling Cargo, 5(4), pp.1–6.
Harsokoesoemo, Darmawan. (2004). Pengantar Perancangan Teknik, Edisi ke 2.ITB Bandung.
Harsono Wiryosumarto, Toshie Okumura, 2000, “Teknologi Pengelasan Logam”, Erlangga, Jakarta.
John Stefford dan Guy Mc Murdo.(1999). Teknologi Kerja Kayu. Erlangga, Jakarta
Khoirun Nisa, A. & Iskandriawan, B., 2017. Desain Sepeda Kota dengan konsep Folding Bike untuk Ruang Penyimpanan Terbatas dengan Pengguna Mobilitas Tinggi. Jurnal Sains dan Seni ITS, 6(2), pp.2–6.
Muhammad Firman, M.H. dan H.L., 2016. Rancang bangun sepeda listrik dengan tenaga surya sebagai kendaraan alternatif dan ramah lingkungan untuk masyarakat. jurnail sains dan teknologi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary Banjarmasin, 1(2), pp.102–107.
Pohan, B. & Sugandi, Y.S., 2019. Bike To Campus: Suatu Gerakan Sosial Baru Berbasis Komunitas Sepeda. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 2(2), p.134.
Saputra, H. & Zulkarnain, R.A., 2015. Simulasi Tegangan dan Perubahan Bentuk Pada Rangka Sepeda Air Hamors Menggunakan Software Solidwork 2013 Mechanical Engineering study Program. Jurnal Integrasi, 7(2), pp.91–96.
Setyono, B. et al., 2016. PERANCANGAN DAN UJI PERFORMANSI SEPEDA KARGO HYBRID -. , pp.185–192.
Sumantri.(1989). Teori Kerja Bangku. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Susanti, L. & Agustion, Y.H., 2016. Perancangan Konfigurasi Tinggi Setang, Sadel, dan Pedal Sepeda yang Ergonomis. Perancangan Konfigurasi Tinggi Setang,Sadel, Dan Pedal Sepeda Yang Ergonomis, 14(1), p.33.
Turner. (2000). An Technic Manufacturing. The University of Memphis, University of Southen California
Yakub, A., Karmiadji, D.W. & Ramadhan, A.I., 2016. Optimasi Desain Rangka Sepeda Berbahan Baku Komposit Berbasis Metode Anova. Jurnal Teknologi, 8(1), p.17.
Widarto. (2008). Teknik Pemesinan Buku Jilid 2 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
DOI: https://doi.org/10.24176/crankshaft.v4i1.5898
Article Metrics


Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
Jurnal Crankshaft is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dedicated to: