PERANCANGAN TUBULAR CONVEYOR UNTUK MEMINDAHKAN BIJI PADI

Handika Eka Putra
Taufiq Hidayat
Akhmad Zidni Hudaya

Abstract


Bahan-bahan yang digunakan di dalam industri sering kali merupakan bahan yang berat maupun berbahaya bagi manusia. Untuk itu diperlukan device untuk membantu lalu lintas distribusi suatu barang industri. Beberapa jenis peralatan material handling yang banyak digunakan di industri antara lain, belt conveyor , chain conveyor, screw conveyor, dan pneumatic conveyor. Melihat pentingnya penyebab jenis material handling yang efektif atau efisien dan aman maka penulis berencana melakukan perancangan alat tubular conveyor.
Tubular Conveyor adalah Sistem konveyor kabel tabung yang memindahkan produk dengan lembut, efisien, horizontal dan vertikal di dalam tabung agar terhindar dari debu supaya makanan tetap bersih. Bahan yang diangkut mesin Tubular Conveyor ini adalah padi atau beras, pada umumnya jenis-jenis tubular conveyor ada beberapa bentuk antara lain HVH (Horizontal Vertical Horizontal , U-shape, In-line.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang Tubular Conveyor dengan sistem berbentuk in-line .Sistem konveyor kabel tabung memindahkan produk dengan lembut, efisien, horizontal dan vertikal dalam tabung kedap debu tanpa degradasi atau deklasifikasi produk. Spesifikasi mesin ini yaitu menggunakan tabung dengan diameter 2,9 inchi atau 73 mm dengan panjang tabung 3 meter dan sistem penggeraknya menggunakan motor listrik dan bahan yang diangkut adalah padi atau beras.

Kata Kunci : Material Handling, Tubular Conveyor, Perancangan Conveyor


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/crankshaft.v4i2.5990

Article Metrics

Abstract views : 13| PDF views : 5

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.