ANALISA UJI NYALA MINYAK HASIL PENYULINGAN LIMBAH BAN

Muhamad Zainudin

Abstract


Produksi ban di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Seiring dengan itu, maka limbah ban-ban bekas yang tidak terpakai terus meningkat  seiring dengan peningkatan produksi ban tersebut. Para ahli lingkungan kerap di pusingkan dengan permasalahan yang di sebabkan oleh ban bekas yang material nya tidak terurai. Kondisi penggunaan energi yang masih di dominasi oleh bakar bakar fosil lambat tahun harus di kurangi dan secara bertahap digantikan dengan energi yang terbarukan. Ban bekas dapat digunakan sebagai bahan bakar minyak karena mempuyai potensi besar untuk diperbaharui menjadi energi alternatif sebagai pengganti bahan bakar minyak diesel/solar. Peneltian ini bertujuan mengetahui tekanan pada titik nyala api dan mengetahui potensi ban bekas menjadi bahan bakar alternatif.

Penelitian dititik beratkan pada hubungan sebab akibat antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti, dengan mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor lain yang mengganggu. Eksperimen yang dilakukan adalah memvariasikan perbandingan tekanan dimulai dari tekanan 1300 Psi, 1500 Psi, 1700, Psi, 1900 Psi dan 2100 Psi dengan menggunakan nozel. dari hasil yang telah didapat dari pengujian diatas dapat disimpulkan ada perbedaan laju panjang api dan kecepatan nyala api pada masing-masing perbandingan uji nyala pada hasil penyulingan limbah Ban, yang dapat disimpulkan, Nyala optimal api minyak ban diperoleh pada tekanan 2.100 Psi dan hasil visual pada uji coba nyala api minyak limbah ban diperoleh hasil terbaik pada tekanan 2.100 Psi dengan kecepatan 18,96 , sedangkan minyak solar pada tekanan 2.100 Psi dengan kecepatan 11,97 . Dimana minyak ban lebih cepat sebesar 6,99 . Dengan demikian maka minyak ban dapat diperhitungkan sebagai energi alaternatif pengganti solar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arismunandar, Wiranto.1988. Motor Bakar Torak. Bandung : ITB.

Daryanto. Drs. 2004. Motor bakar : Rineka cipta. Jakarta.

Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh, 2011. Pirolisis Ban Bekas Sebuah Cara Efisiensi Mengestrak Energi Dari Ban Bekas.

Nugroho.Triadi. ST. Membuat bensin dan solar dari bahan nabati. Pusaka mahardika Yogyakarta.

Reska Damayanti dan Retno Martini. 2009. Proses Pembuatan Bahan Bakar Cair Dengan Memanfaatkan Limbah Ban Bekas Menggunakan Katalis Zeolit.

Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Seno darmanto dan ireng sigit. 2006. Analisa biodiesel minyak kelapa sebagai bahan bakar alternatif minyak diesel. Semarang : universitas diponogoro.PTK.http://www.mesinunimus.filles.wordpress.com.menganalisa minyak-kelapa.pdf.




DOI: https://doi.org/10.24176/crankshaft.v4i2.6670

Article Metrics

Abstract views : 834| PDF views : 430

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




View My Stats

Indexed by:

gs      JournalStories Main logo

Flag Counter

Jurnal Crankshaft is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Dedicated to: