IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN KESESUAIN LAHAN UNTUK TANAMAN JAGUNG MENGGUNAKAN METODE PROMETHEE

Denni Irvanto Metkono
Tiwuk Widiastuti
Adriana Fanggidae

Abstract


Tanaman jagung bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan makan pokok sebagai alternatif pengganti beras. Terdapat 12 kriteria yang harus diperhatikan dalam menentukan kesesuain lahan untuk pertanian jagung dan sistem pendukung keputusan dapat digunakan pihak Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dan petani dalam mengambil keputusan. Terdapat 6 kriteria yang dapat dilihat secara langsung yaitu temperatur rata-rata, curah hujan tahunan, kelembaban, kriteria drainase, kelas tekstur, dan kedalaman tanah dan 6 kriteria yang memerlukan hasil analisis dari laboratorium yaitu C-organik, kapasitas tukar kation tanah, pH tanah, nitrogen total, fosfor, dan kalium.[1]  Penggunaan metode Promethee dalam penelitian ini diuji terhadap 20 lahan pertanian sebagai data uji didapat hasil net flow[2] terbesar 0,61403508 merupakan lahan yang paling direkomendasikan sebagai lahan untuk ditanami jagung. Pengujian sistem menggunakan pengujian Acceptance Test (UAT) dan pengujian black box.[5] Pengujian UAT dari 18 responden yang merupakan kelompok tani di Kabupaten Kupang didapat persentase sebesar 76,4% yang termasuk dalam kategori setuju. Pengujian black box terhadap 19 fungsionalitas yang diuji dan memberikan hasil 100% dikatan valid.


Keywords


lahan; kesesuaian lahan; tanaman jagung; Metode Promethee

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulrajak, A., Lutfi, S. & Siradjuddin, H.K. 2020. SPK Pemilihan Jenis Tanaman Pangan Berdasarkan Kondisi Lingkungan di Kota Tidore Kepualauan Menggunakan Metode Promethee JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 3(2): 87–91.

Anjasmaya, R. & Andayani, S. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Komoditi Sayuran Berdasarkan Karakteristik Lahan Menggunakan Metode PROMETHEE. JUITA: Jurnal Informatika, 6(2): 127–135.

Apriani, T. & Simangunsong, A. 2022. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kualitas Getah Hevea brasiliensis (Karet) Terbaik pada PT Timbang Deli Verdant Bioscience dengan Metode Promethee. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 2(1): 47–56.

Arianingrum, R. 2004. Kandungan kimia jagung dan manfaatnya bagi kesehatan. Budidaya Pertanian, 1(3): 128–130.

Azizah, N. & Winiarti, S. 2014. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Karyawan Dengan Metode Promethee Studi Kasus Pamella Group Yogyakarta. PhD Thesis. Universitas Ahmad Dahlan.

Hardjowigeno, S. 2007. Evaluasi Kesesuaian Lahan dan Perancangan Tataguna Lahan. Gadjah Mada University Press.

Rayes, M.L. 2007. Metode Inventarisasi Sumber Daya Lahan. Andi. Yogyakarta, 298.

Rahayu, N.P. 2017. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Pemilihan Tanaman Pangan Berdasarkan Kondisi Tanah Mengggunakan Metode Electre Dan Topsis. PhD Thesis. Universitas Brawijaya.

Rizky, S. 2011. Pengujian black box. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sitorus, S.R. 1985. Evaluasi sumberdaya lahan. Bandung: Tarsito.




DOI: https://doi.org/10.24176/detika.v3i2.10163

Article Metrics

Abstract views : 467| PDF views : 364

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by :

                     



Flag Counter


Dedicated to :



 

Jurnal Dialektika Informatika (DETIKA) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.